Linmas Wonosobo Dipimpin Personel Wanita

WONOSOBOZONE – Pasukan linmas inti Kabupaten Wonosobo kini tampak lebih segar. Hal itu terlihat ketika pada Rabu (20/4), 25 personel linmas inti menggelar latihan bersama defile pasukan di alun-alun Kota, untuk keperluan mengikuti upacara HUT Linmas Ke-54 Tingkat Jateng di Kabupaten Sukoharjo, Selasa (26/4) mendatang.
Dari ke-25 personel inti tersebut, 10 di antaranya merupakan wanita muda usia, dan bahkan salah satunya bertugas sebagai komandan pasukan. Kepala Kantor Satpol PP dan Linmas, Faisal RB mengaku sengaja menugaskan personel wanita sebagai pemimpin pasukan demi menunjukkan bahwa jajaran Limnas juga memahami kesetaraan gender.
Bergabungnya personel Linmas wanita juga akan memberi pemahaman baru di masyarakat bahwa wanita juga mampu berperan dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban, jelas Faisal.
Selain merekrut personel linmas wanita, Faisal mengemukakan pihaknya juga tengah merencanakan untuk menambah personel Satpol PP wanita. Sudah kami ajukan kepada Bupati dan Wakil Bupati, dan tinggal menunggu persetujuan untuk kemudian berlanjut kepada tahap rekrutmen, jelas Faisal.
Keberadaan personel wanita di kesatuan Polisi Pamong Praja, yang nantinya akan disebut dengan Wanita Praja, menurut Faisal bakal membuat jajarannya semakin humanis. Wanita dikenal lebih lembut dan luwes ketika berkomuniasi, sehingga ketika dibutuhkan untuk upaya penertiban akan lebih mudah diterima, lanjut Faisal.
Rencana Kantor Satpol PP untuk merekrut personel dari kalangan kaum hawa mendapat sambutan hangat dari para personel Linmas wanita. Atikah Nuraini (20), komandan linmas yang bertugas memimpin pasukan inti termasuk yang sangat setuju dengan rencana tersebut. Menurut dara yang kini tengah menempuh pendidikan semester IV di Akademi Keperawatan Pemprov Jateng itu, adanya kesempatan wanita untuk berkiprah di Satpol PP akan sangat positif untuk membangkitkan semangat dan kepercayaan diri. Saya sendiri antusias untuk bisa menjadi bagian dari Satpol PP karena melihat tugas yang diemban sangat mulia, yaitu mewujudkan kondisi lingkungan yang tertib dan aman, tegas Atikah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here