Linmas Punya Peran Penting Suksesnya Proses Pilkades

WONOSOBOZONE – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo Faisal Rojul Buntoro, menegaskan, keberadaan perlindungan masyarakat (linmas) yang dulu dikenal dengan nama hansip memiliki peranan sangat penting, khususnya dalam proses Pilkades. Hal ini ditegaskan Faisal, Rabu, 2 November di Pendopo Kabupaten, di depan ratusan anggota Linmas yang hadir dalam acara pengarahan anggota linmas dalam menghadapi Pilkades serentak tanggal 22 November 2016 mendatang.
Ia menambahkan, dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serempak di 30 desa di 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo nanti, peranan anggota linmas sangat dibutuhkan karena sangat membantu menciptakan situasi keamanan lingkungan, terutama saat rapat pemungutan suara dan rapat penghitungan suara.
Hal ini memperkuat pernyataan Assisten Pemerintahan Setda, Aziz Wijaya, saat membuka acara tersebut. Ia mengatakan linmas adalah salah satu unsur masyarakat yang terpilih, yang berperan penting dan sangat dibutuhkan terutama dalam menjaga kamtibmas saat proses pilkades. Jadi harapnya Linmas Kabupaten Wonosobo, yang saat ini berjumlah sekitar 7000 personil, baik Linmas Pria ataupun Wanita, bisa benar-benar menjadikan tugas ini menjadi peran dan andil yang mulia dan membanggakan, sehingga keamanan masyarakat dari lingkungan yang paling kecil tetap terjaga.
Hal senada juga disampaikan Kabag Pemerintahan Setda, Tri Antoro. Ia menyampaikan bahwa anggota Linmas, terutama yang bertugas di saat proses pemungutan suara, merupakan satu satunya unsur keamanan yang berada di ring satu, yakni yang paling melekat, yang benar-bernar berperan utama dalam keamanan dan ketertiban proses pilkades di Tempat Pemugutan Suara (TPS). Jadi peran linmas disini sangat penting dan sangat dibutuhkan.
Secara global pengarahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Masyarakat dalam cegah tangkal terhadap gangguan keamanan lingkungan, menjelang, saat dan setelah proses Pilkades, dengan menyiapkan Aparatur Satuan Linmas Desa/Kelurahan, melalui pembekalan ilmu dalam melaksanakan tugas saat pilkades nanti.
Diharapkan Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Dearah dengan Instansi terkait seperti TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat, serta RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di Wonosobo. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here