Lingkup Pelayanan LKS di Banjarnegara Masih Terbatas

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara langsung memberikan pengarahan pada acara temu konsultasi Lembaga Kesejahteraan Sosial di Aula Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Senin (18/3/2019).

Pemerintah berupaya meningkatkan peran Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) hingga ke tingkat desa. Sebab saat ini lingkup pelayanan LKS masih terbatas. Selain itu, juga harus menggunakan satu basis terpadu. Sehingga pelayanan bisa lebih tepat sasaran dan pemanfaatannya dapat dimonitor.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan, dalam menentukan sasaran pelayanan sosial, harus menggunakan satu basis data terpadu atau berkoordinasi dengan kepala desa agar pelayanan tepat sasaran, serta dapat dimonitor pemanfaatannya. Selain itu, pemberian pelayanan kesejahteraan sosial berkelanjutan oleh LKS luar panti, tidak hanya pemberian santunan sesaat.

“Data harus valid, pelayanan harus berkelanjutan. Bentuknya tidak hanya pemberian santunan sesaat, sedapat mungkin kalau bantuan bea siswa ya berkelanjutan, dengan harapan penerima manfaat dapat terus meneruskan hingga pendidikan yang diinginkan,” kata Bupati.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjarnegara, Aziz Ahmad mengatakan, keberadaan LKS sangat membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan kesejahteraan sosial dan penanganan kemiskinan. Menurut dia, di Banjarnegara saat ini ada 26 LKS, terdiri dari enam LKS panti dan 22 LKS non panti.

Namun penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh lembaga kesejahteraan sosial masih terbatas pada beberapa jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti anak terlantar, yatim piatu , fakir miskin, lanjut usia terlantar serta sebagaian disabilitas.

“Sayangnya, LKS yang ada di kabupaten Banjarnegara, masih terbatas di beberapa kecamatan, sehingga perlu penumbuhan serta pengembangan lks dieluruh kecamatan hingga ke tingkat desa agar penanganan PMKS serta penanganan kemiskinan dapat dilaksanakan bersama-sama,” imbuh Aziz.

Artikel dikutip dari Radarbanyumas.co.id penulis Darno, link
https://radarbanyumas.co.id/lingkup-pelayanan-lks-masih-terbatas/

BACA JUGA:  Pemkab Banjarnegara Terima Rp 59,3 Miliar Dari Dana Bantuan Provinsi Jateng
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.