Lebaran dan Jelang Dieng Culture Festival, Dieng Dipenuhi Wisatawan


WONOSOBOZONE – Prediksi melubernya wisatawan ke dataran tinggi Dieng menjadi kenyataan. Dari pantauan yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo SH SSos MSi, selama dua hari terakhir, arus pengunjung ke beberapa objek wisata di Dieng meningkat drastis. “Pada H+3 lebaran, atau pada Minggu (19/7), pengunjung Dieng diperkirakan tembus 5.000 wisatawan”, jelas Agus ketika ditemui di sela pemantauan objek wisata Telaga Menjer, Selasa (21/7).
Pihak kantor pariwisata sendiri, menurut Agus terus berkoordinasi intensif dengan beberapa pihak terkait, seperti Kepolisian dan Organisasi kemasyarakatan. “Dengan pihak kepolisian terutama menyangkut unsur kelancaran lalu lintas dan keamanan objek wisata, sementara para relawan dari organisasi massa seperti Tagana dan Banser maupun karang taruna juga kita ajak untuk terjun membantu para wisatawan agar tak kesulitan ketika mencari objek wisata yang dituju”, terang Agus.
Selama libur lebaran sampai sekitar H+6, antusiasme para pengunjung ke beberapa objek wisata di Wonosobo memang diperkirakan terus meningkat. “Dieng masih jadi tujuan utama wisatawan, selain Telaga Menjer dan Taman Rekreasi dan Kolam Renang Air Hangat Kalianget”, jelas Agus. Karena itulah, demi mengantisipasi kemacetan dan kerawanan lain menuju objek-objek wisata tersebut, diperlukan perlakuan khusus. Untuk kondisi di Dataran Tinggi Dieng, meski cukup padat, Agus mengakui pihak kepolisian telah bekerja optimal, sehingga kendaraan tidak terlalu menumpuk di jalan. “Jalur ke Dieng cukup lancar, bahkan sampai di seputar objek wisata seperti Telaga Warna, Kawah, maupun Candi, para wisatawan mengaku nyaman”, tandas Agus.
Kenyamanan perjalanan menuju Dieng diakui pula oleh Ilham (24). Wisatawan asal Temanggung, yang datang bersama keluarga besarnya itu mengaku sepanjang perjalanan tak ada kendala berarti. “Meski jalan pelan, kendaraan tak sampai macet, termasuk ketika keliling ke beberapa lokasi”, terang Ilham yang bersama keluarga, berniat mengunjungi Telaga Warna dan Kawah Sikidang.
Diprediksi Jelang event tahunan “Dieng Culture Festival” pada tanggal 30 Juli sampai 1 Agustus 2015 Dieng akan mengalami macet, diperkirakan sekitar 20.000 wisatawan akan memadati negeri di atas awan Dieng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here