Lansia Diajak Kendalikan Kadar Gula Dengan Senam Diabetes

Perwakilan Lions, Agus Purnomo memberikan doorprise pada peserta

WONOSOBOZONE – Peringatan Hari Diabetes Dunia (HDD) dimanfaatkan Lions Club Wonosobo, untuk menggugah kesadaran warga masyarakat, akan pentingnya menjaga kadar gula dalam darah. Salah satunya melalui senam diabetes, olahraga ringan yang dinilai bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengupayakan agar kadar gula dalam darah senantiasa dalam level normal. Hal itu tampak, ketika pada Minggu (4/12) pagi, lebih dari 100 orang yang sebagian besar merupakan warga lanjut usia (lansia), mengikuti senam diabetes di halaman pendopo Kabupaten.

Ketua penyelenggara HDD Kabupaten Wonosobo, Indrawati Tresnohartono menerangkan bahwa upaya mengajak warga, khususnya kalangan lansia adalah demi meningkatkan kesadaran terhadap bahaya penyakit diabetes mellitus (DM). “Senam ini sangat bermanfaat, selain untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal, juga menjadi media untuk kita saling mengingatkan agar senantiasa memperhatikan kesehatan diri,” jelas Ny Tresnohartono. Penderita DM di Wonosobo, diakuinya masih cukup banyak, sehingga upaya seperti yang diinisiasi Lions Club Wonosobo itu, selayaknya bisa digelar lebih sering lagi. Faktor cuaca Wonosobo yang cenderung lebih sering dingin, menurut Tresno juga perlu diimbangi dengan banyak bergerak, agar kadar gula tidak meningkat dan memicu diabetes.

Para lansia mengikuti senam diabetes di halaman pendopo Kabupaten

Senada dengan Ny Tresno, salah satu peserta senam yang juga anggota Lions Club Wonosobo Dieng, Agus Purnomo mengakui betapa senam diabetes memiliki manfaat sangat positif. “Bagi kami yang sudah masuk kategori lansia produktif, kegiatan seperti senam ini sangat bisa dirasakan efeknya, yaitu membuat badan berasa lebih bugar,” ungkap Agus. Lions Club Wonosobo, ditegaskan Agus hingga saat ini memang berupaya untuk terus berupaya untuk membantu warga masyarakat, terutama dalam kegiatan-kegiatan sosial. “Harapannya tentu melalui senam diabetes bersama ini, kaum lanjut usia di Wonosobo senantiasa sehat, tetap produktif dan bahkan mampu berperan positif di tengah masyarakat dan lingkungan nya,” tandas Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here