Lagi asik nonton Konser, seorang residivis ditangkap

WONOSOBOZONE – Polres Wonosobo berhasil menangkap residivis berinisial RB (25) warga Garung Wonosobo yang melakukan pencurian sepeda motor tahun 2015 lalu. Dalam aksinya RB tak sendiri, ia dibantu 3 pelaku lainnya yang kini telah ditangkap dan menjalani proses hukum. Sementara 1 pelaku lagi berinisial J masih DPO. Bersama rekannya tersebut, RB berhasil menggasak motor Satria Fu milik Achmad Zaeni Bin Haryono (20) warga Temanggung.

Menurut Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, tersangka merupakan pencuri sepeda motor lintas daerah yang meliputi Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung dan Magelang. Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa RB tertangkap saat dirinya tengah asik menonton konser musik di Mendolo Wonosobo, (16/7).

“Sebelum tertangkap, tersangka sudah berpindah pindah tempat sebagai pelarian dengan menumpang di rumah teman-temannya yang ada di luar daerah Wonosobo”, tambah Ridwan. (25/7)

Kasubag Humas Polres Wonosobo, AKP Agus Priyono juga menjelaskan bahwa Tersangka merupakan residivis dengan kasus pencurian dengan kekerasan dan telah menjalani hukuman 1 tahun 4 bulan pada tahun 2012.

Kepada awak media Tersangka mengaku sudah melakukan pencurian motor sebanyak 19 kali. Atas ulahnya tersebut, kini RB di jerat pasal 363 ayat (1) ke 4 dan ke 5 KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Pencurian

Tersangka mencuri bersama dengan Agung, Khafid, Hendri (Sudah menjalani proses hukum) dan J (DPO)
Peran tersangka dalam pencurian adalah mengecek kendaraan, plat nomor (Wonosobo/luar Wonosobo) dan kondisi sekitar. Setelah itu melaporkan kepada Hendri dkk bahwa kondisi aman. Hendri bertugas memetik kendaraan dengan kunci T. dan yang lain bertugas mengawasi keadaan dengan posisi siap kabur (di atas motor).
Setelah motor dalam kondisi ON, motor dinyalakan dan dikendarai Hendri meninggalkan TKP dan di bawa ke tempat J (DPO) di kalierang Selomerto.
Setelah sepedamotor dijual Robiyanto mendapat bagian Rp.400.000.-

BACA JUGA:  Untuk Hasil Sembelih Yang ASUH, 35 Pengurus Takmir Dilatih Jadi JULEHA

Penangkapan

Setelah menerima laporan pencurian, Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Wonosobo segera melakukan penyelidikan dan telah berhasil mengamankan Agung, Khafid, Hendri (Sudah menjalani proses hukum). Dari pengakuan ketiga tersangka yang sudah tertangkap diketahui bahwa masih ada tersangka Robianto dan J. saat dicari dirumanya kedua tersangka sudah tidak ada di tempat.
Dari pengakuan Robianto, setelah mengetahui temannya tertangkap, Robiyanto melarikan diri ke Yogyakarta selama satu tahun, Rembang enam bulan kemudian kembali ke Yogyakarta selama 3 bulan dan sebelum tertangkap Robiyanto juga singgah di kabupaten magelang selama tiga bulan. Dalam pelariannya Robiyato berpindah-pindah tempat tinggal dengan jalan menumpang di teman-temanya. Selama pelariannya untuk memenuhi kebutuhannya tersangka mengamen.
Saat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Wonosobo melaksanakan pengamanan konsel Endang Soekamti di Terminal Mendolo pada hari Minggu tanggal 16 Juli 2017 pukul 13.00 Wib, melihat laki-laki yang di duga merupakan DPO kasus Pencurian sedang menonton menonton konser. Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Wonosobo langsung mengamankan dan di bawa ke Mapolres Wonosobo untuk dilakukan penyidikan. Setelah dipastikan identitasnya, yang bersangkutan di tetapkan sebagai tersangka adalah Robiyanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.