Kwarran Wonosobo Raih Juara Umum Pesta Siaga Kwarcab Wonosobo 2018

WONOSOBOZONE – Keberhasilan meraih Barung Tergiat 1 untuk Putra dan Putri, Kwartir Ranting (Kwarran) Wonosobo berhak menyandang predikat sebagai Juara Umum dan memperoleh Tropy Bergilir, pada gelaran Pesta Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo Tahun 2018. Bertempat di Alun alun Wonosobo, Senin (12/3).

Pesta Siaga Kwarcab Wonosobo 2018 yang diikuti peserta Pramuka Siaga Perwakilan dari Kwarran se-Wonosobo. Masing-masing Kwarran mengirimkan 2 Barung Putra dan 2 Barung Putri sejumlah 40 anak, dengan jumlah total 600 anak Pramuka Siaga ini, dibuka oleh Bunda Siaga, Fairuz Eko Purnomo.

Saat membuka Pesta Siaga, Bunda Siaga, Fairuz Eko Purnomo, menyampaikan bahwa pentingnya peranan gerakan pramuka sebagai lembaga non-formal. Gerakan pramuka dapat dijadikan sebagai ruang untuk membentuk generasi penerus bangsa, menjadi generasi yang siap menghadapi era yang penuh dengan tantangan, generasi yang memiliki kepribadian, yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa, melalui pendidikan Nation Building dan Gerakan Revolusi Mental.

Sementara pada kesempatan itu, Enang Basuki, selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa pada Pesta Siaga Kwarcab Wonosobp Tahun 2018 ini, kegiatan yang dilaksanakan berupa berbagai kegiatan ketakwaan, wawasan, ketrampilan, tekpram, KIM, ketangkasan, pentas budaya serta bakti masyarakat yang dikemas dalam taman taman kegiatan.

Enang juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, pengetahuan, ketrampilan, wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan anggota pramuka, khususnya peserta didik pramuka siaga, serta memantapkan jatidiri dan pengamalan Dwi Darma Pramuka dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada Pesta Siaga Kwarcab Wonosobo Tahun 2018, tampil sebagai Tergiat 1 Putra Kwarran Wonosobo, Tergiat 2 Putra Kwarran Kejajar, Tergiat 3 Putra Kwarran Kertek. Untuk Tergiat 1 Putri Kwarran Wonosobo, Tergiat 2 Putri Kwarran Selomerto, Tergiat 3 Putri Kwarran Kertek. Mereka berhak mewakili Kabupaten Wonosobo pada Pesta Siaga Tingkat Binwil Kedu 2018, yang akan dilaksanakan di Kwarcab Kebumen, 24 Maret 2018.

BACA JUGA:  Maju Lomba PAAR Tingkat Nasional, Desa Wonoroto Optimalkan 7 Layanan Utama

Selain mewakili Wonosobo di Tingkat Binwil Kedu, para Barung Tergiat dan Kwarran Wonosobo sebagai Juara Umum juga berhak menerima Trophy dan Piagam Penghargaan yang diserahkan oleh Ani Agus Subagiyo, pada Upacara Penutupan Pesta Siaga Kwarcab Wonosobo 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here