KUNJUNGI MAGELANG, KOMISI X DPR RI TEMUI BANYAK PERMASALAHAN DI PERGURUAN TINGGI

MAGELANG – Panitia Kerja (Panja) Kelembagaan dan Akreditasi Prodi Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI mengunjungi Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk mengawal proses perbaikan mutu perguruan tinggi (PT) di daerah tersebut.

Pimpinan rombongan kunjungan Komisi X DPR RI, Marlinda Irwanti mengatakan, kujungan kerja ini adalah untuk melakukan pengawasan tata kelola kelembagaan dan akreditasi progam studi pada masa persidangan III tahun 2018 dan 2019.

“Maksud dan tujuan kunjungan kerja Komisi X DPR RI ini adalah untuk mengetahui permasalahan terkait kelembagaan dan akreditasi program studi (prodi)  pada PT di Magelang. Harapannya kami akan mendapat data empiris mengenai PT terkait dan mendapatkan kritik atau saran terkait kinerja kementerian di bawah koordinasi Komisi X DPR RI,” katanya usai pertemuan di Kantor Bupati Magelang, Jateng, Rabu(06/2/2019).

Dipimpin langsung Marlinda Irwanti tim Panja Kelembagaan dan Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI, menggelar pertemuan dengan Rektor beserta Guru Besar Universitas Negeri Tidar Magelang (UNTIDAR) dan Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang. Dari hasil pertemuan pihaknya menemui banyak permasalahan pendidikan tinggi (dikti) di Magelang, Jawa Tengah.

“Kita sudah menerima masukan dari Rektor UNTIDAR dan UM Magelang. Terkait dengan kelembagaan dan permasalahan akreditasi perguruan tinggi serta akreditasi prodi perguruan tinggi. Karena UNTIDAR ini adalah salah satu universitas yang baru saja merubah statusnya dari universitas swasta menjadi universitas negeri,” kata Marlinda.

Menurutnya, salah satu permasalahnya adalah mengenai kelembagaan, yakni jumlah dosen yang pada awalnya berstatus dosen yayasan menjadi dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kemudian terkait dengan akreditasi yang ternyata banyak prodi yang masih berakreditasi C.

Salah satu jalan keluarnya adalah penggabungan atau merger perguruan tinggi yang jumlah mahasiswanya tidak memenuhi persyaratan dan akreditasi prodi dan perguruan tinggi yang masih berstatus C.
Panitia Kerja ini berharap kelembagaan dan akreditasi prodi di perguruan tinggi bisa berjalan dengan baik tidak mempersulit perguruan tinggi yang ada tetapi bisa memberikan dorongan dan motivasi bahwa ini adalah untuk kepentingan bersama dan untuk kepentingan mencerdaskan kehidupan bangsa.

BACA JUGA:  Ragam Aktivitas Wajib Coba di Candi Borobudur yang Jauh dari Kata Bosan

“Kita juga mohon kepada Kemenristekdikti, agar persyaratan tentang perguruan tinggi harus diberlalukan dengan sama, karena kita juga temui dilapangan ada perguruan tinggi dengan persyaratan yang lengkap tetapi sulit untuk mendapatkan izin, ada perguruan tinggi yang persyaratannya belum lengkap tetapi sudah bisa mendapatkan izin perguruan tinggi,” tutup Marlinda.

Artikel ini dikutip dari tribunnews.con dengan judul “Komisi x Temui Banyak Permasalahan Dikti di Magelang”
http://m.tribunnews.com/nasional/2019/02/07/komisi-x-temui-banyak-permasalahan-dikti-di-magelang

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.