KUB Permata Dieng Dibantu Genset Dan Kredit Lunak 430 Juta Rupiah

WONOSOBOZONE – Program BUMN hadir untuk Negeri, yang diluncurkan oleh Menteri BUMN RI, Rini Suwandi di alun-alun Kota Wonosobo, akhir Juli silam kembali terealisir, Selasa (27/12). Bantuan senilai lebih dari setengah Milyar Rupiah disalurkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratuboko kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) pengolahan Carica Permata Dieng, dan KUB budidaya perikanan Mina Abadi Wadaslintang. Kedua KUB tersebut, menurut Kepala Bidang Ekonomi Bappeda, Siti Nurmar Aisiyah fasilitasi peralatan pendukung usaha dan kredit lunak. “Bantuan yang diberikan berupa fasilitasi alat berupa genset dan kredit lunak untuk KUB Permata Dieng, serta bantuan kredit lunak saja bagi KUB Mina Abadi,” jelas Nurmar saat ditemui seusai acara penyerahan secara simbolis bantuan di Aula Bappeda.
Menurut Nurmar, kredit lunak yang dicairkan untuk 7 UMKM di Kejajar, dan 3 UMKM di Wadaslintang itu memiliki tenor 3 tahun dengan fasilitas grace periods, alias masa bebas angsuran selama 3 bulan pertama. “Harapannya agar usaha mereka selama 3 bulan awal berjalan lancar dan dari produktifitasnya itulah nantinya mereka memiliki kemampuan yang baik untuk mengangsur,” beber Nurmar. Para penerima bantuan, menurutnya juga dimudahkan dalam hal penyetoran angsuran, karena bisa dilakukan melalui Kantor pos maupun lembaga perbankan, dan langsung masuk ke rekening PT TWC. “Besaran kredit bervariasi untuk masing-masing usaha, dengan maksimal nominal mencapai 75 Juta Rupiah, dan minimal 20 Juta Rupiah,” tandasnya.
Kemudahan fasilitasi kredit lunak, diakui Direktur Utama PT TWC Persero, Edy Setijono merupakan kebijakan yang telah sesuai arahan Menteri BUMN. Pihak TWC, menurut Edy memilih KUB di Wonosobo sebagai penerima bantuan kemitraan dan bina lingkungan, karena menilai potensi pariwisata dan kekayaan sumber daya alamnya luar biasa. Secara geografis, Wonosobo dengan Dataran tinggi Dieng nya merupakan juga dianggap penting, terutama kaitannya dengan pengembangan klaster Dieng dalam program prioritas pariwisata Sinergi BUMN Joglo Semar. “Melalui bantuan ini, kami juga menegaskan komitmen untuk menggerakkan roda perekonomian daerah strategis dan mendorong Wonosobo untuk maju sebagai Kabupaten penyangga di Jawa Tengah,” tandas Edy. Ia juga mengajak segenap masyarakat, khususnya para penerima bantuan untuk mengambil peran aktif dalam membangun dan menggerakkan perekonomian Nasional.
Ajakan serupa juga disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo yang bersama Kepala Bappeda One Andang Wardoyo turut mendampingi pelaku UKM menerima bantuan dari PT TWC. Kepada pelaku UKM, baik di sektor pengolahan Carica maupun budidaya perikanan agar mengoptimalkan bantuan yang diterima. “Kami dari Pemkab Wonosobo sangat apresiatif dan berterimakasih atas realisasi bantuan dari PT TWC ini, dan saya berharap agar ini mampu mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah di Wonosobo untuk semakin berkembang dan maju,” pungkas Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here