KOTA MAGELANG RAIH PREDIKAT PERTAMA IDSD JATENG

MAGELANG – Rangkaian acara seminar internasional “Sustainable Rural and Regional Development” yang dilaksanakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Undip maupun beberapa pihak lainnya di Grand Artos Hotel and Conventional Magelang, Selasa (11/12/2018), diwarnai dengan penyerahan anugerah kepada beberapa daerah di Jawa Tengah berkaitan dengan Indeks Daya Saing Daerah 2018 (IDSD 2018). 

Kota Magelang mendapat predikat pertama daerah dengan indeks daya saing terbaik dalam Penghargaan Anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tingkat Jawa Tengah tahun 2018, mengungguli Kota Semarang pada peringkat kedua dan Kabupaten Wonogiri peringkat ketiga.

Predikat ini membuktikan Kota Sejuta Bunga meskipun sebagai kota kecil tetapi memiliki daya saing yang tinggi dibanding kota-kota besar lain di Jawa Tengah.

Penghargaan juga diberikan kepada tujuh daerah lain. Juara berdasarkan kategori yakni Kabupaten Sragen untuk ekosistem inovasi, Kabupaten Semarang untuk SDM, Kabupaten Rembang untuk enabling environment, dan Kabupaten Pekalongan untuk pasar. Juara favorit pertama yakni Kota Pekalongan, kedua Kota Surakarta, dan ketiga Kabupaten Pati.

Dikutip dari tribunjogja.com, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, pemerintah Kota Magelang pun bersyukur dapat mempertahankan daya saing tingkat Jateng. Komitmen kami untuk berupaya mempertahankan raihan prestasi yang kini telah dicapai. Termasuk di dalamnya penghargaan IDSD.

“Kami tentu merasa bangga dan bersyukur kembali memperoleh penghargaan ini seperti tahun kemarin,” katanya.

Ia pun melihat dampak penghargaan ini sangat besar, terutama menunjukkan Kota Magelang makin maju. Apalagi pengangguran dan kemiskinan juga turun. Ini wujud komitken Pemkot untuk terus memajukan Kota Magelang dari segala aspek.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, mengatakan, penilaian indeks daya saing dilakukan selama satu tahun.

Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, terpilih tiga besar daya saing terbaik, dilihat dari semua komponen. Ia mengatakan, indeks daya saing dapat memacu daerah sehingga daya saingnya meningkat.

BACA JUGA:  Stok Minim, Harga Ayam Kampung Merangkak Naik

Dampaknya bisa menarik minat banyak investor untuk berinvestasi, seperti sektor wisata, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

“Selain itu, daya saing ini bagus untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Kami mendorong agar daerah terus berdaya saing,” jelasnya.

Artikel ini dikutip dari jogja.tribunnews.com dengan judul “Kota Magelang Daerah Dengan Indeks Daya Saing Tertinggi Se Jawa Tengah” yang ditulis oleh Rendika Ferri K Editor Ari Nugroho, link http://jogja.tribunnews.com/2018/12/11/kota-magelang-daerah-dengan-indeks-daya-saing-tertinggi-se-jawa-tengah?page=2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.