Koramil Andil Dalam Masa Orientasi Siswa

WONOSOBOZONE – Koramil 10/Selomerto melaksanakan kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) di SMK Wonolelo, Senin(18/7). Pemberian materi MOS kepada Siswa baru SMK Wonolelo atas permintaan dari pihak sekolah yang bersangkutan kepada pihak Kodim 0707/Wonosobo.
Dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan. Pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.
Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru yang diberlakukan mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini adalah berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Dalam Pasal 11 disebutkan bahwasannya dengan berlakunya Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 ini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 tentang Masa Orientasi Siswa Baru di Sekolah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Sehingga dapat disimpulkan pada tahun pelajaran 2016/2017 sekarang seluruh satuan pendidikan yang mengadakan kegiatan pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru berpedoman pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 ini.
Kapten Arm Agus Suparno pelaksanaan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru pada awal tahun pelajaran baru yang di berikan dari Koramil adalah  menumbuhkan perilaku positif kepada siswa baru kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. Semua materi yang ada sudah terangkum dalam pemberian materi PBB ( Peraturan Baris Berbaris), materi PPBN dan Wawasan Kebangsaan. Diharapkan siswa mempunyai sikap yang tegas, bertanggung jawab,disiplin dan sopan santun dalam berperilaku, punya jiwa cinta tanah air, tegas Kapten Arm Agus Suparno. Koramil10/Selomerto menurunkan 2 anggota Sertu I Nengah Mudi Untung dan Kopda Dwi Sulistyo, selaku instruktur PBB dan peraga di SMK Wonolelo.
Reporter: ( Pendim 0707/Wsb )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here