KONDISIKAN SITUASI, POLRES GELAR RAKOR BERSAMA PEMKAB


WONOSOBOZONE – Dalam rangka mewujudkan kondisi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, Polres Wonosobo menggelar rapat koordinasi bersama jajaran Pemkab, Kodim 0707, seluruh Muspika, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan LSM Wonosobo. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (2/11) di Ruang KRT. Setjonegoro Setda Wonosobo ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi kegiatan unjuk rasa elemen masyarakat pada 4 Nopember mendatang di Jakarta.
Dalam sambutannya, Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. menyatakan bahwa rencana unjuk rasa pada tanggal 4 Nopember besok, berkaitan dengan dorongan kepada apparat penegak hukum untuk memproses dugaan penistaan agama oleh Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). “Aksi semacam ini sebenarnya tidak dilarang. Namun harus memperhatikan aturan yang ada. Terlebih lagi dengan jumlah pengerahan massa yang banyak, maka kemungkinan untuk terjadi perselisihan ataupun permasalahan menjadi semakin besar,” katanya.
“Oleh karenanya, kami menghimbau kepada elemen masyarakat Wonosobo untuk tidak ikut dalam aksi tersebut. Alasannya jumlah peserta aksi itu sudah banyak. Tidak perlu ditambah lagi. Berdasarkan informasi terakhir akan diikuti oleh sekitar 500 ribu peserta,” lanjut Kapolres. “Daripada ikut ke Jakarta, dengan resiko terjadi perselisihan dan kemudian menjadi korban, maka sebaiknya kita memonitor saja kegiatan itu melalui media massa,” lanjutnya.
“Mari kita serahkan saja sepenuhnya penangangan kasus tersebut kepada penegak hukum. Jangan sampai kita terprovokasi sehingga justru memecah belah persatuan bangsa dan mengganggu stabilitas kamtibmas khusunya di wilayah Wonosobo, “ tutur Kapolres.
Sementara itu Wakil Bupati Wonosobo Ir. Agus Subgyo, M. Si. menyatakan dukungannya terhadap upaya yang dilakukan Polri untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif. “Karena rencana Unra 4 Nopember itu sudah memberikan goncangan terhadap perekonomian. Untuk itu saya menghimbau kepada para tokoh yang hadir untuk mendukung langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Polres Wonosobo,” katanya.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan penandatanganan Ikrar Kesepakatan Bersama antara FKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas dan LSM untuk ikut berupaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman, damai, religius, dan humanis di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Source polres wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here