Komunitas Muda Merupakan Garda Terdepan Dalam Penghapusan KDRT

WONOSOBOZONE . Komunitas muda merupakan garda terdepaWn dalam penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) karena merekalah yang dalam waktu dekat akan menuju jenjang kehidupan berkeluarga yang akan membentuk dan membangun mahligai rumah tangga. Keberadaan dan keterlibatan mereka merupakan langkah strategis dalam upaya penanganan KDRT. Demikian dikatakan Aresi Armynuksmono Kabid Pencegahan KDRT Kementrian PP-PA RI, saat gelar sosialisasi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga kepada 250 pemuda Wonosobo di Pendopo Kabupaten Senin (14/05).

Aresi meyakini mata rantai KDRT akan mampu diputus jika para calon Ibu dan Ayah ini diberikan pemahaman dan pengertian serta pengetahuan dan peran yang signifikan dalam penghapusan KDRT. Oleh karena itu sumber daya yang dimiliki harus diinvestasikan kearah upaya pencegahannya. Sehingga sosialisasi harus menyentuh kaum muda yaitu mereka yang berada di fase menjelang berumah tangga.

Senada dikatakan Bupati Wonosobo Eko Purnomo Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga, memiliki arti yang sangat strategis untuk menghapus dan mencegah kekerasan dalam rumah tangga, terutama kekerasan terhadap perempuan serta anak, mengingat kegiatan yang dilaksanakan ini mengikutsertakan generasi muda, yang akan memasuki jenjang rumah tangga.
Pengenalan dan pencegahan potensi kekerasan dalam rumah tangga sejak dini ini, sangat diperlukan untuk menekan maupun memotong mata rantai kekerasan dalam rumah tangga. Selain itu sekaligus memberikan pemahaman eskalasi kasus, potensi dan dampak kekerasan dalam rumah tangga dalam membangun rumah tangga, sebagai fase dimana kehidupan berkeluarga dan pembangunan rumah tangga akan dimulai, serta membangun pandangan dan peran komunitas generasi muda di Kabupaten Wonosobo, dalam mencegah kekerasan dalam rumah tangga.
Melalui Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga ini Bupati berharap nantinya akan lahir pelopor pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, di lingkungannya masing-masing. Karena menurut penuturan Aresi Wonosobo merupakan satu dari sepuluh Kabupaten/Kota terpilih dari 563 Kabupaten/Kota seluruh indonesia yang disasar sosialisasi ini.

BACA JUGA:  Wuih, Jas Hitam dan Dasi Lengkapi Wajah Baru Panwascam Kabupaten Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here