Komisi D Lakukan Sidak di SD 1 Pengarengan Kalibawang

WONOSOBOZONE – Komisi D DPRD Kabupaten Wonosobo melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke SD 1 Pengarengan Kalibawang, Rabu, 11 Januari. Dipimpin langsung Ketua Komisi D, Faizun,S.Ag., Komisi D melakukan inspeksi ke sejumlah ruangan kelas. 
Disebutkan Faizun, sidak dilakukan untuk melihat langsung kondisi infrastruktur pendidikan dasar yang ada di Wonosobo, sehingga menjamin proses belajar mengajar siswa lebih baik. Hal ini tentunya tidak lepas dari target Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo, yang terus menggenjot angka rata-rata usia sekolah, serta angka partisipasi siswa didik, yang pada ujungnya bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar anak didik.
Di sisi lain, sidak juga dilakukan, mengingat kondisi cuaca Wonosobo yang kerap mengalami kondisi ekstrem, seperti hujan deras dan kencangnya tiupan angin, sehingga dikhawatirkan membuat sarpras pendidikan di beberapa lokasi terkena dampak, seperti bangunan sekolah yang ikut rusak.
Dari pantauan sendiri terlihat, bahwa kondisi sekolah yang ikut bersama SMP Satu Atap Pengarengan Kalibawang, mengalami kerusakan di beberapa titik. Seperti di kelas yang diperuntukkan bagi siswa kelas 4, atap bangunan jebol, sehingga tidak bisa digunakan untuk proses belajar mengajar. Dan terpaksa siswa belaja di ruang Perpustakaan SD. Kemudian di beberapa kelas juga mengalami kerusakan, seperti engsel pintu dan jendela yang rusak, lantai kelas dan tembok yang retak, serta beberapa plafond atap sekolah yang rusak. 
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Sekolah SD 1 Pengarengan, Evi Nurhadiyanti, yang menyampaikan, bahwa di sekolah yang terdiri dari 128 siswa SD ini, kondisi kelas rusak sudah terjadi hampir satu tahun lebih. Namun pihaknya belum bisa memperbaiki kondisi ini, karena tidak adanya biaya perbaikan. Kepada Komisi D, Evi berharap agar bisa segera segera dibantu solusi perbaikannya. Sebab dikhawatirkan, jika kondisi ini tidak segera diperbaki, akan mengganggu proses belajar mengajar siswa.
Menanggapi hal tersebut, Komisi D DPRD meminta kepada Kepada Kepala UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Kalibawang, Wiyogo, untuk melakukan pendataan kerusakan sekolah dan hasil data tersebut segera dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, agar segera dialokasikan anggaran untuk perbaikan. 
Menurut Faizun, kebutuhan atap sekolah dan perbaikan ruang kelas sangat mendesak dan diperlukan bagi anak untuk aktifitas pelajaran di sekolah, untuk itu pihaknya akan membantu, dengan ikut mendesak Dikpora bekerja cepat agar bisa langsung ditangani, sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar para siswa dan guru. 

Hadir juga dalam kegiatan ini Wakil Ketua Komisi D, Mugi Sugeng, SE, Sekretaris Komisi D, H.Lukman Latif,S.IP. dan anggota Komisi D lainnya, seperti Edy Sutoto,SE, Parbi Wahyu Ardi, SE, H.Muhammad Farid dan Agus Achmad Muhammad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here