Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan Belajar Tata Kota Wonosobo

WONOSOBOZONE – Dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Riswadi, Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, melakukan kunjungan kerja sekaligus belajar di Wonosobo tentang tata kota. Rombongan diterima Asisten Pembangunan Setda Wonosobo, Amin Suradi di Ruang transit Setda Kabupaten Wonosobo, didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Fisik Prasarana Kabupaten Wonosobo, Sigit Sukarsana dan OPD terkait.
Berbicara tentang tata kota, menurut Amin, tidak terlepas dengan urusan penataan ruang, yang mana Pemkab fokus pada program perencanaan tata ruang, program pemanfaatan ruang dan program pengendalian pemanfaatan ruang, dengan tujuan memberikan pedoman dalam mewujudkan pemanfaatan ruang sesuai arahan atau fungsi, yaitu untuk memberikan arah dalam pemanfaatan ruang, juga merupakan arahan dalam investasi, dengan tetap menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
Dengan melalui penyediaan dokumen dan regulasi tata ruang yang ditempuh dengan penyusunan rencana makro dan rencana rinci tata ruang, sehingga diharapkan dengan tersusunnya dokumen dan regulasi Rencana Tata Ruang ini, bisa lebih mengarahkan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien sesuai dengan daya tampung dan daya dukung dari kawasan, demikian dikatakan Amin.
Terkait hal tersebut, penataan kota Wonosobo diupayakan sesuai pada kebutuhan dasar dan hak asasi warga, melalui konsep Kota Ramah Hak Asasi Manusia, yang menjadi konsep tatanan kota Wonosobo masa depan.
Sebagai upaya mewujudkan tata kota yang ideal dan memenuhi kebutuhan dasar warga akan ruang terbuka hijau, sejak tahun 2014, Pemerintah Kabupaten menginisiasi program Wonosobo Green City, yang dimaksudkan sebagai sebuah konsep pembangunan yang menjaga keseimbangan dan harmonisasi antara kepentingan ekonomi, sosial dan kelestarian sumber daya alam untuk keberlanjutan pembangunan. 
Keseriusan Pemkab dalam menerapkan program Wonosobo Green City ini, bisa dilihat, diantaranya dengan menjadikannya sebagai program Pemerintah Kabupaten Wonosobo, yang dalam tataran pelaksanaannya menuntut perubahan cara pandang seluruh elemen yang ada di Kabupaten Wonosobo, baik setiap elemen di internal pemerintahan maupun seluruh elemen masyarakat dan swasta, yang tertuang dalam 3 konsep nilai, yakni greening, flowering dan enjoying.
Sementara itu ketua rombongan, Riswadi, menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih atas sambutan yang diberikan, dan beharap dengan kunker yang dilakukan bisa saling berbagi dan bermanfaat bagi semuanya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here