Ketua RT/RW di Temanggung akan dapat intensif

TEMANGGUNG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono, mengatakan, anggaran tersebut nantinya diberikan kepada 6.526 ketua RT & ketua RW di daerah tersebut.

Dari besaran anggaran tersebut masing-masing ketua RT & ketua RW baru mendapatkan insentif sebanyak Rp80.000 per bulan selama setahun. “Guna menutupi insentif ketua RT dan ketua RW tersebut menjadi Rp100.000 per bulan nantinya juga ada anggaran dari APBDes Rp20.000 per bulan,” katanya.

Menurut dia, insentif Rp20.000 dari APBDes tersebut dengan catatan tidak mengurangi besaran insentif yang selama ini telah diterima ketua RT dan ketua RW dari desa. “Selama ini desa telah ada yang mengalokasikan Rp100.000, berarti yang selama ini sudah dapat Rp100.000 ditambah Rp100.000 lagi menjadi Rp200.000. Ketua RT dan ketua RW nominal penerimaannya sama,” katanya.

Ia mengatakan, insentif tersebut mulai diterima pada Januari 2019, syaratnya ketua RT dan ketua RW sudah ditetapkan dengan surat keputusan kepala desa.

Ia menyampaikan rencananya nanti untuk penerimaannya walaupun honorarium itu diberikan setiap bulan, tetapi akan dilakukan tiga bulan sekali atau sesuai dengan kebijakan pemerintahan desa, mungkin empat bulan sekali atau enam bulan sekali. “Tetapi dari kami, karena itu merupakan bantuan keuangan nanti akan dicairkan tiga bulan sekali,” katanya.

Pemberian insentif kepada ketua RT & ketua RW tersebut merupakan salah satu janji Bupati, Muhammad Al Khadziq saat kampanye. Selain itu, Bupati juga akan berikan tunjangan kematian bagi warga miskin.

Agus mengatakan, pemberian tunjangan kematian dikelola oleh Dinsos. Ia mengatakan, dalam pemberian tunjangan kematian tersebut, Dinsos menetapkan penerima sesuai data kemiskinan daerah, datanya sudah ada di desa jumlahnya sekitar 300.000-an.

BACA JUGA:  Hadapi kejurkab, atlet karate Dojo Takata giat berlatih

Berdasarkan data tersebut, jika ada yang meninggal, maka keluarganya akan terima tunjangan kematian sebesar 1,5 juta. Paling lambat 2 bulan sesudah diajukan.
.
Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019
Link: https://m.antaranews.com/berita/786750/untuk-insentif-ketua-rtrw-di-kabupaten-temanggung-disiapkan-anggarkan-rp639-miliar

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.