Keseriusan Pemkab Jadi Kunci Geopark Dieng

WONOSOBOZONE – Keseriusan pemerintah daerah, dalam rangka mewujudkan dataran tinggi Dieng sebagai Taman Bumi, atau Geopark kelas Dunia benar-benar dinanti. Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial menegaskan hal tersebut sesuai menjadi salah satu pembicara kunci dalam acara focus group discussions (FGD) perihal Geopark Dieng, bersama beberapa pakar Geologi dari Unpad Bandung dan sekitar 80 perwakilan Pokdarwis serta unsur tokoh masyarakat Dieng, di Gedung Suharto-Whitlam, Jumat (10/2). Menurut Ego, kunci untuk mewujudkan Dieng sebagai Geopark memang ada di Pemkab, khususnya dua Pemerintah Kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara, sebagai pemangku sebagian besar kawasan yang dikenal sebagai Negeri di Awan itu.
“Kami dari Badan Geologi memiliki tugas memetakan situs-situs yang akan mendukung kelayakan Dieng sebagai Geopark, sementara kunci utama ada di Pemerintah Daerah,” tutur Ego. Pihak Badan Geologi bekerjasama dengan berbagai unsur akademisi terkait, ditegaskan Ego berupaya mewujudkan Geopark Dieng lebih kepada agar kawasan tersebut menjadi area konservasi bagi kekayaan alam, budaya sampai keanekaragaman hayati khas Dieng. Sementara, Pemerintah Daerah, baik Wonosobo, Banjarnegara maupun Batang menurutnya mesti serius melakukan penataan infrastruktur, termasuk menerbitkan Peraturan Daerah sebagai landasan hukum.
Karena itulah, Ego mengakui pihaknya mendorong Pemkab yang menjadi pemangku Dieng agar lebih mengedepankan aksi, seperti membudayakan kebersihan di sekitar area wisata, dan melengkapi Tambi maupun penunjuk arah. Kelak, dengan ditetapkannya Dieng sebagai Geopark, Ego menyebut warga yang bermukim di kawasan wisata juga akan memetik dampak positif nya, termasuk dari semakin meningkatnya jumlah kunjungan turis, baik mancanegara maupun domestik. “Jadi selain berkunjung untuk menikmati keindahan alam, wisatawan akan bisa belajar mengenai berbagai hal terkait kebumian, atau bahkan menjadikannya sebagai wahana penelitian,” tandas Ego.
Keinginan Ego tersebut sejalan dengan Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo yang hadir bersama beberapa pejabat teknis terkait dari Bappeda, Dinas Pariwisata dan Dinas Kominfo. Menurut Wabup, target untuk menetapkan Dieng sebagai Geopark Nasional pada 2017 akan didukung penuh, sehingga cita-cita mewujudkan Dieng sebagai Geopark kelas Dunia lebih cepat terwujud. “Pada intinya kami mendukung penuh, karena ini juga menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, serta menjaga ekosistem dan alam di Dieng agar tidak semakin rusak,” tegasnya. Terkait perlunya sinergitas dengan Kabupaten tetangga, Wabup juga mengaku siap untuk berkomunikasi secara lebih intensif.
(Danang Hari Purnomo – Diskotik Pemkab Wonosobo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here