Kepengurusan Baru Kwarcab Wonosobo Dikukuhkan

WONOSOBOZONE – Kepengurusan baru Gerakan Pramuka kwartir cabang Kabupaten Wonosobo terbentuk. Jajaran pengurus, mulai dari majelis pembimbing cabang (Mabicab), Dewan pengurus Kwarcab, dan Dewan kerja andalan Gerakan Pramuka Wonosobo dikukuhkan pada hari yang sama, Rabu (10/8) di Pendopo Kabupaten. Bupati Wonosobo, Eko Purnomo dilantik oleh Ketua Kwarda Jawa Tengah, Prof Dr Budi Prayitno, sebagai Ketua Mabicab, memimpin majelis beranggotakan Sekda, Dandim 0707, Kajari dan Wakil Bupati. Setelah dikukuhkan sebagai Ka Mabicab, Eko langsung melantik pengurus Kwarcab yang diketuai oleh Wakil Bupati, Agus Subagiyo. Selanjutnya, Agus Subagiyo selaku Ka Kwarcab melantik jajaran pengurus Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka, yang terdiri dari para pelajar setingkat SMA.
Ketua Kwarda Jateng, Prof Dr S Budi Prayitno berharap, jajaran pengurus Kwarcab Wonosobo masa bakti 2016-2021, mampu membawa kemajuan bagi Gerakan Pramuka di daerah. “Saya optimis Gerakan Pramuka Wonosobo bisa lebih baik dan lebih maju lagi karena melihat Pak Bupati masih muda sehingga saya meyakini beliau memiliki semangat selayaknya Pramuka sejati, yang senantiasa ingin berbuat baik, serta membawa manfaat bagi sesama,” tutur Prof Budi. Gerakan Pramuka, menurut Budi tak akan bergerak maju tanpa adanya dukungan Pemerintah Daerah. “Dukungan dalam bentuk anggaran dan program-program yang berfokus pada upaya mewujudkan generasi muda berkarakter kuat serta mencintai tanah air,” lanjut Budi. Ahli perikanan dan Kelautan dari Universitas Diponegoro Semarang itu, juga menyebut bahwa upaya menanamkan karakter positif bagi generasi muda jauh lebih efektif melalui Gerakan Pramuka, sehingga sudah sewajarnya apabila Pemkab memiliki kebijakan untuk mendukung melalui alokasi anggaran yang memadai.
Harapan Ka Kwarda Jateng tersebut selaras dengan keinginan Ka Kwarcab baru Gerakan Pramuka Wonosobo, Agus Subagiyo. Agus mengaku sangat sepakat dengan Prof Budi terkait upaya pembentukan karakter generasi muda melalui Gerakan Pramuka. “Tentu kami selaku pengurus Kwarcab baru akan lebih mengedepankan upaya-upaya nyata demi mewujudkan generasi muda Wonosobo yang memiliki semangat membangun Bangsa dan Negara, serta membawa kemanfaatan bagi masyarakat luas,” ungkap Agus. Dalam waktu dekat, Agus juga mengaku akan berkeliling ke kwartir se-Wonosobo untuk berkoordinasi terkait langkah-langkah organisasi ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here