Kendaraan Hias dan Atraksi Kesenian Hibur Ribuan Penonton Karnaval HUT Kemerdekaan

WONOSOBOZONE – Karnaval kendaraan hias dan beragam atraksi kesenian yang digelar dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, Kamis (18/8) benar-benar mampu memberikan hiburan gratis bagi ribuan warga masyarakat Wonosobo. Kawasan alun-alun Kota sudah demikian padat dengan kerumunan manusia sejak pagi, meski acara karnaval baru mulai pukul 09.30 WIB. Sebagian besar warga mengakui, acara karnaval menjadi salah satu yang selalu dinanti, setiap peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. “Anak saya juga tampil mengikuti karnaval bersama sekolahnya sehingga saya sengaja mengajak seluruh kerabat untuk menonton di sini,” ungkap Eni Wijayanti (40), perempuan asal Garung saat ditemui tengah makan di salah satu lapak PKL.
Selain untuk melihat tampilnya sang anak, Eni menyebut kehadirannya bersama kerabat di alun-alun adalah demi menikmati beragam bentuk kreatifitas yang ditampilkan setiap peserta. “Ingin juga melihat atraksi-atraksi dari grup-grup kesenian yang seringnya tampil sangat menghibur dan banyak pula yang cukup edukatif,” lanjut Eni. Keinginan Eni tersebut tak berlebihan, mengingat Pemerintah Kabupaten Wonosobo memang cukup maksimal dalam mempersiapkan even rutin tahunan tersebut. Puluhan instansi lingkup Pemkab juga tampil dengan aneka kendaraan hias dengan membawa pesan maupun himbauan untuk masyarakat. Kantor Kesbangpol menjadi salah satu yang banyak diperhatikan karena himbauan untuk masyarakat agar menjauhi narkoba. Jajaran Polres Wonosobo yang tampil simpatik dengan konvoi Vespa dan pasukan sepeda, dipimpin langsung oleh Kapolresnya AKBP Aziz Andriansyah juga mendapat banyak pujian warga.
Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo menyebut karnaval HUT RI Tahun 2016 memang terasa lebih meriah. “Sambutan warga masyarakat sangat antusias, karena memang para peserta karnaval juga tampil atraktif dan menghibur,” ungkap Agus seusai karnaval. Tak hanya sekolah-sekolah yang memperlihatkan kebolehan para pelajarnya unjuk kebolehan berkesenian, Agus juga mengaku terkesan dengan desa yang sangat semangat tampil di karnaval. “Marching Band dari Angrunggondok, Desa Reco, Kecamatan Kertek salah satu yang sangat bagus dengan banyak atraksinya,” puji Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here