Kenalkan Potensi Desa, Pemdes Bersama Kartar Margoyoso Gelar Event Lari

MAGELANG – Memperkenalkan keindahan alam desa yang berpotensi jadi objek pariwisata, Pemerintah Desa bersama Karang Taruna Margoyoso Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang menggelar event lomba lari (trail run) dan Jalan Sehat, Selasa (5/1/2019).

Ketua Karang Taruna Putra Tunas Bangsa, Adi Daya Perdana mengungkapkan, Desa Margoyoso memiliki potensi alam yang jika dikelola dengan baik akan menjadi objek pariwisata namun untuk wujudkannya perlu dukungan dari semua pihak.

“Untuk mewujudkan semua itu perlu dukungan semua pihak, dalam hal promosi dapat dimulai dari mulut kemulut dan media sosial agar potensi wisata di desa dikenal,” katanya.

Ratusan Peserta baik lomba lari maupun jalan santai terlihat sangat semangat dan antusia dalam mengikuti acara ini, selama perjalanan mereka disuguhkan dengan pemandangan yang sangat asri mulai dari hutan, persawahan, air terjun dan spot selfie yang telah disediakan dengan background hamparan sawah layaknya area terasering sawah yang ada di Ubud Bali.

Peserta lomba lari hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 3.000 dan Rp. 5.000 bagi peserta yang mendaftar di lokasi, sedangkan peserta jalan santai tidak dipungut biaya. Hadiah utama lomba trail run berupa satu ekor kambing dan beberapa enthok, sedangkan aneka doorprize bagi peserta jalan sehat.

Meskipun sempat diguyur hujan tidak menjadi penghambat jalannya acara.
PJ Kepala Desa Margoyoso, Marjan Triyanto mengatakan, Pemdes sangat mengapresiasi kerja keras pemuda setempat dengan persiapan yang sangat kurang namun acara sukses digelar.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Magelang yang telah menyempatkan hadir walaupun dihari libur dan memohon maaf atas segala kekurangan kami. Semoga dapat menikmati acara dan pesona alam di desa Margoyoso ini, tutur Kades.

BACA JUGA:  Taman Prajuritan Jadi Tempat Mesum Kenakalan Remaja

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Edi Suharto mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Pemkab akan mendukung setiap kegiatan karang taruna, terlebih dalam bidang pariwisata.

“Apresiasi setingi-tingginya kepada karang taruna yang telah mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat luas. Semoga kesuksesan ini menjadi awal dari kegiatan berikutnya,” katanya dalam sambutan.

Dia menambahkan, karang taruna adalah lembaga kepemudaan sebagai mitra kerja dari kepala desa dibawah pembinaan Dinas sosial. Dengan adanya Peraturan Bupati Magelang karang taruna berada dibawah pembinaam tiga SKPD yaitu Dinsos, Dispermades dan Dinas Pariwisata.

Pemkab Magelang sangat mendukung kegiatan-kegiatan karamg taruna, terbukti sudah lima tahun Pemkab mengadakan kegiatan peningkatan mutu manajemen organisasi bagi anggota karang taruna.

“Setiap tahun kami mengundang dua pengurus karang taruna setiap Kecamatan yang ada, harapannya bisa menjadi pengerak disetiap wilayahnya,” ujarnya.

Panitia menyediakan minuman khas “air badeg” dan makanan khas bernama “bajingan” paduan olahan singkong dengan air nira. Selain itu untuk menambah kemeriahan acara serta melestarikan kesenian tradisional, ada hiburan seni tari cekok mondol dari desa setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.