Kembangkan Aplikasi E-UKM, Komunitas Buruh Migran Ikuti Bimtek Literasi TIK

WONOSOBOZONE – Sedikitnya 100 orang eks buruh migran yang tersebar di seluruh Wilayah Kabupaten Wonosobo mengikuti Bimbingan Teknis TIK guna pengembangan Aplikasi e-UKM, yang digelar Puslitbang Literasi dan Profesi Kementerian Komunikasi dan Informatika bertajuk Bimbingan Teknis Literasi TIK bagi Komunitas Buruh Migran, Rabu, 20 Juli, bertempat di Hotel Krisna. 
Kepala Pusat Litbang Literasi dan Profesi SDM Informatika, Hedi M. Idris,  dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan, bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia nasional di bidang komunikasi dan informatika.
Menurutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong buruh migran dan mantan buruh migran agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengembangkan wawasan dan keilmuan. Ditegaskannya, TIK dan internet bukan saja untuk komunikasi atau ngobrol, tapi juga bisa menjadi jendela dunia, membuka wawasan serta menambah ilmu.
Sedangkan Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagio, menyampaikan apresiasi  kepada Kementrian Kominfo atas terselenggaranya acara ini. Ia menambahkan, hal ini sangat berguna dan sangat membantu pemerintah Wonosobo, utamanya berkaitan dengan para eks buruh migran. Pemerintah menurutnya harus memberikan perhatian dengan  melakukan tiga poin penting, yakni dengan memberikan pembekalan dan latihan kepada buruh migran sebelum berangkat ke luar negeri, kemudia melakukan pemantauan dan monitor kepada para buruh migran saat berada di negeri orang,  dan poin ketiga pasca atau setelah kembali dan berada di daerah asal, agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki dengan pengalaman yang dibawa dengan melihat potensi willayahnya masing-masing, salah satunya dengan mengembangkan usaha menggunakan akses internet, dengan pengembangan TIK Aplikasi e-UKM.
Sementara Kepala Bidang Literasi Informatika Balitbang SDM, Djoko Matolo menjelaskan, kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan memberikan pelatihan dan pemahaman dasar mengenai pemanfaatan TIK, khususnya pemanfaatan internet kepada komunitas buruh migran baik yang masih aktif menjadi buruh migran maupun yang sudah menjadi mantan buruh migran.
Sehingga diharapkan dengan kegiatan bimbingan teknis ini mampu menciptakan SDM buruh migran yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dasar dalam penggunaan dan pemanfaatan TIK khususnya internet dan memberi bekal tambahan bagi para peserta bimbingan teknis dalam pengembangan diri di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here