Keluarga Kurang Mampu Jadi Prioritas

WONOSOBOZONE – Pasca terjadinya bencana alam angin puting beliung yang yang mengakibatkan kerusakan 67 rumah di beberapa dusun di Kelurahan Sapuran, Sabtu, 23/01/16, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, melalui BPBD Kabupaten Wonosobo menyerahkan bantuan untuk para korban bencana, bertempat di Kecamatan Sapuran, Senin sore, 25/01/16.
Pada kesempatan itu Camat Sapuran, Mukhamat Najib, S.Kom, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh BPBD memang jumlahnya belum seberapa dari permohonan bantuan yang diajukan. Tetapi bantuan tersebut akan sangat membantu bagi mereka yang terkena musibah. Oleh karena itu akan dilakukan koordinasi antara Lurah Sapuran dan Tokoh masyarakat untuk penyaluran bantuan tersebut. Bantuan tersebut akan diprioritaskan bagi keluarga yang tidak mampu. Koordinasi antara pihak Kecamatan, Kelurahan dan Tokoh Masyarakat untuk penyaluran bantuan yang jumlahnya terbatas, diharapkan akan membantu korban secara adil, terutama keluarga yang kurang mampu.
Najib juga menambahkan bahwa kedepan, melalui kegiatan musrenbangdes akan diberikan sosialisasi tentang tanggap bencana bagi semua desa di Kecamatan Sapuran, sehingga masyarakat akan memiliki jiwa SAR. Diharapkan dengan memiliki jiwa SAR dalam diri masyarakat, akan menjadikan masyarakat siaga dan mampu mengatasi jika suatau saat terjadi bencana. Meskipun bencana tidak diharapkan.
 BPBD pada kesempatan itu menyerahkan bantuan berupa seng, triplek, dan kebutuhan rumah tangga seperti beras, mi instan, gula, susu bayi, lauk pauk. Selain dari BPBD pada kesempatan itu Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonosobo juga menyerahkan bantuan berupa beras1,5 kwintal dan mi instan 12 dus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here