Kelompok Tani Kalibawang Bangun Irigasi

WONOSOBOZONE – Kelompok tani Kecamatan Kalibawang membangun irigasi sepanjang 2.000 meter guna mengairi sekitar 60 hektare yang sebelumnya mengalami kekeringan.
Saluran irigasi juga dibangun Kelompok Tani Makmur di Dukuh Sembung sepanjang 730 meter dengan alokasi dana Rp 37 juta dan di Desa Kalikarung yang selama ini juga kekeringan mendapatkan alokasi Rp 36 juta yang digarap kelompok Tani Urip Lestari.
Pada peresmian perdana, Rabu (15/4) di Dukuh Sabrang Kulon, Desa Karangsambung dibangun irigasi sepanjang 650 meter oleh Kelompok Tani Karya dengan alokasi Rp 39 juta dengan pemanfaatan sebanyak 207 KK pemilik lahan sawah.
Sekitar 1.830 meter total panjang saluran irigasi telah dibangun petani. Urip Prasetyo selaku camat Kalibawang mengaku perbaikan saluran irigasi sangat mendesak, mengingat setiap tahun terjadi kekeringan.
Selain itu masih ada puluhan hektare lahan yang kekeringan sehingga akan diupayakan secara bertahap pembangunannya.
Para petani juga mendapatkan bantuan dana optimasi lahan dari APBN masing- masing Rp 24 juta per kelompok dengan target yang digarapminimal 20 hektare untuk percontohan.
Selain bantuan tersebut kelompok yang memiliki lahan di perbukitan juga mendapatkan traktor dan pompa karena penanaman model jajar legawa dapat meningkatkan produksi 30 hingga 50% karena setiap satu hektare lahan hanya butuh bibit 10 kg sehingga hemat.
Jumlah produksi beras mencapai sekitar 96.690 ton dan digunakan untuk mencukupi penduduk Wonosobo yang berjumlah 768.690 jiwa diperkirakan masih sisa atau ada cadangan beras hingga 32.147 ton. 
source:berita.suaramerdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here