KBIH Gema Arofah Berangkatkan 134 Calon Haji Wonosobo

WONOSOBOZONE – Jamaah calon Haji dari Kabupaten Wonosobo mulai bersiap menuju tanah suci demi menunaikan rukun Islam ke 5 mereka tahun ini. Setidaknya, hal itu terlihat ketika pada Minggu pagi (17/7), tak kurang dari 134 calon tamu Alloh yang berasal dari kelompok bimbingan ibadah Haji (KBIH) Gema Arofah berkumpul menghadiri acara pelepasan rombongan Haji Tahun 2016, di Sasana Adipura Kencana. Ketua KBIH Gema Arofah, Teguh Ridwan mengatakan, untuk pemberangkatan calon Haji dari kelompok nya, akan dibagi menjadi 2 tahapan. “134 calon Haji dari Gema Arofah dibagi menjadi 2 kelompok terbang (Kloter), yaitu kloter 34 berangkat pada 20 Agustus, dan kloter 60 berangkat pada 31 Agustus mendatang,” terang Teguh. Melalui acara pelepasan yang dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD dan beberapa pejabat di lingkup Pemkab tersebut, Teguh berharap, 71 calon Haji pria dan 63 calon Haji Wanita dari Gema Arofah semakin semangat menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental.
Harapan Teguh itu sejalan dengan pesan yang disampaikan Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo. Dalam amanahnya, Wabup menegaskan pentingnya para calhaj untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama di tanah suci dengan baik. “Ibadah Haji, selain merupakan perjalanan rohani juga menuntut kebugaran fisik dan stamina prima, karena para jamaah calon Haji juga perlu menyesuaikan diri dengan perbedaan cuaca yang cukup jauh apabila dibanding dengan Wonosobo,” ungkap Wabup. Dengan persiapan matang, baik secara fisik maupun mental, Agus meyakini seluruh calhaj dari Wonosobo akan mampu menjalani rangkaian ibadah sepanjang sekitar 40 hari di tanah suci. Wabup juga berpesan agar seluruh calhaj dari Kabupaten Wonosobo, termasuk yang berasal dari KBIH Gema Arofah, senantiasa menjaga kesabaran selama beribadah, karena kelak mereka mesti berhadapan dengan jutaan calon Haji lainnya dari berbagai Negara. “Jaga kekompakan, saling meringankan antar sesama, serta perhatikan aturan-aturan yang diterapkan agar tidak mendapatkan masalah sepanjang berada di tanah suci,” tandas Wabup.
Harapan agar para calhaj benar-benar memanfaatkan kesempatan berhaji semaksimal mungkin juga disampaikan Ketua DPRD Wonosobo, Afif Nurhidayat. Ditemui seusai bersalaman dengan para calhaj, Afif menegaskan pentingnya mempersiapkan fisik sebaik-baiknya. “Jangan bergantung pada orang lain, sehingga perlu setiap calon Haji untuk melatih kemandirian dengan seoptimal mungkin bersiap fisik maupun mental nya,” tegas Afif. Sepanjang persiapan telah optimal, Afif juga meyakini jamaah Haji dari Wonosobo akan mampu menjalani seluruh kewajiban maupun ibadah sunah dengan baik, serta meraih predikat sebagai Haji Mabrur sekembalinya mereka ke tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here