Kawasan Wisata Alam Seroja Dihijaukan 7.000 Batang Bibit Kopi

WONOSOBOZONE – Objek wisata alam Seroja, di Desa Tlogo, Kecamatan Garung dinilai sangat potensial untuk bisa dikembangkan menjadi tujuan wisata unggulan, melengkapi telaga Menjer, yang telah lebih dulu populer. Demi mengoptimalkan potensi, serta menjaga ekosistem di objek wisata yang menawarkan panorama alam menakjubkan itu, jajaran Kodim 0707 Wonosobo berinisiatif merealisasikan dukungan, dengan menanam tak kurang dari 7.000 batang bibit kopi di sepanjang jalan menuju Puncak seroja, Rabu (12/10). Kegiatan menanam bibit tanaman kopi tersebut, dijelaskan Komandan Kodim 0707, Letkol CZI Dwi Hariyono, merupakan salah satu agenda dalam rangkaian peringatan HUT TNI ke 71. “Tujuannya selain untuk mendukung objek wisata desa di Tlogo ini agar lebih berkembang, juga sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasan ini, serta menjaga ekosistem nya sebagai kawasan tankapan air,” tutur Dandim seusai menanam bersama Bupati, Ketua DPRD, Kajari, serta Ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Wonosobo.
Aksi TNI dalam menjaga lingkungan, menurut Dandim merupakan salah satu wujud nyata dari niatan agar semakin dekat dengan rakyat. Selain dengan menanam bibit kopi untuk penghijauan serta kelak dapat dimanfaatkan sebagai tanaman produktif, Dwi juga menyebut pihaknya menebar sekitar 15.000 benih ikan di Telaga Menjer. Semakin banyak ikan di telaga menjer, menurutnya akan memberikan keuntungan bagi warga yang menggantungkan kehidupan dari mata pencaharian sebagai nelayan. “Tebar ikan ini juga sebagai salah satu usaha agar ekosistem di telaga tetap terjaga kondusifitasnya,” tegas Dandim. Tak hanya di kawasan Menjer, kegiatan serupa menurut Dwi juga terbuka untuk digelar di wilayah lain di Wonosobo, mengingat jajarannya selalu siap untuk bekerjasama dengan rakyat, demi meningkatkan derajat kesejahteraan mereka.
Kegiatan yang juga melibatkan pelajar serta komunitas pencinta lingkungan hidup dan komunitas offroad Wonosobo itu disambut positif Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Sembari menanam, Bupati mengungkap harapan agar adanya inisiatif dari jajaran TNI untuk merawat lingkungan jtu disambut warga dengan upaya untuk menjaga bibit kopi agar kelak benar-benar bisa dirasa manfaatnya. “Warga masyarakat Tlogo saya minta untuk menjaga kawasan ini dengan baik, jangan sampai rusak karena potensinya akan sangat berdampak positif terhadap perekonomian,” tandas Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here