Kasdam IV/DIP Tergoda Sunrise Sikunir

WONOSOBOZONE – Disela – sela kesibukan agenda Kasdam IV/Diponegoro Brigjen Hadi Prasojo selatah melaksanakan kunjungan kerja dari Korem 071/Wk menyempatkan diri untuk singgah di Kodim 0707/Wonosobo.  Tujuan singgah di Kodim karena Kasdam penasaran dengan indahnya sunrise yang gaungnya sudah sampai luar negeri.  Jadi tidak afdol jika sebagai pejabat tidak tahu kondisi secara nyata.  Sehingga beliau menyempatkan diri untuk mengujungi bukit Sikunir di Desa Sembungan Kejajar tersebut.
Hawa dingin sangat terasa karena di ketinggian 2.300 meter dari permukaan laut, dan untuk menikmanti kita harus berangkat pagi sekitar jam 03.00 dari Kota Wonosobo karena matahari akan muncul sekitar jam 05.00 sampai dengan 05.30 WIB   Sebuah danau hijau kecil yang terletak di bagian bawah Gunung Sikunir, di lokasi Telaga Cebong ini sebenarnya adalah tempat parkir kita menuju Gunung Sikunir. Kalau kita tiba saat subuh maka danau ini tidak terlihat. Tetapi setelah menuruni Gunung Sikunir, dari jauh mulai tampak keindahan Telaga Cebong ini. Konon danau ini dinamakan Telaga Cebong karena ada banyak kecebong di danau dan juga ada yang melihat telaga ini mirip berbentuk cebong.
Selain itu pemandangan sekitar telaga ini juga sangat indah. Di sisi lain dari danau ada sebuah desa bernama Sembungan. Ini merupakan desa yang tertinggi di Jawa dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan air laut. Saat tiba di puncak Gunung Sikunir, siap-siaplah menatap pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda dapat melihat kabut mengelilingi gunung. Bila cuaca jelas, Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Ungaran akan dilihat dari Sikunir. Semakin pagi kabut semakin menghilang dan detail jelas Gunung Sindoro membuat berdecak kagum wisatawan maupun fotografer. Perjalanan yang lumayan berat di pagi hari terbayar sudah menikmati keindahan pagi di Sikunir.
Setelah puas menikmati keindahan Sikunir Kasdam IV/Dip perjalanan dilanjutkan ke telaga warna dan Gua Semar.  Tujuan melihat Gua Semar karena beliau ketika masih menjadi Paspampres  Presiden Suharto kala itu sering bercerita tentang Gua Semar yang ada di Dieng.  Sehingga Brigjen Hadi P jika bertugas di Kodam IV/ Dip mengunjunginya.
Perjalanan dilanjutkan ke Desa Sembungan untuk melihat proses pembuatan manisan Carika dan minuman Purwaceng yang menjadi primadona Wonosobo.   Perjalanan diakhiri dengan mungunjungi Komplek candi Dieng.  Walau udara dingin tidak dirasakan karena sudah terbayar dengan melihat keindahan alam yang ada disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here