KARYA BHAKTI BUANG LONGSORAN

WONOSOBOZONE – Koramil-05/Kejajar melaksanakan karya bhakti membuka jalan yang tertutup matrial tanah akibat longsor tempo hari, Jum’at(13/1). Dusun Surengede, Desa Serang pada hari Rabu akibat hujan deras, terjadi tanah longsor yang menimpa jalan masuk ke dusun Surengede, Serang sehingga aktifitas warga sedikit terganggu.
Anggota Koramil-05/Kejajar dipimpin Danramil Kapten Chb Mardiyanto setelah kordinasi dengan aparat desa, melaksanakan karya bhakti bersama warga membuang tanah yang menutup jalan. Curah hujan tinggi masih melanda daerah Wonosobo dan sekitarnya. Keadaan tanah yang gembur karena campuran pupuk sangat mudah sekali tergerus air waktu hujan lebat. Keadaan alam sekitar juga jarang sekali adanya ditanam pohon sebagi penguat kondisi tanah, agar tidak mudah longsor. Penanaman sudah terlalu sering dilakukan dengan skala besar, namun kedisiplinan warga memang sangat kurang. Tanpa disadari keadaan seperti itu akan kembali kepada masyarakat, jika terjadi bencana.
Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban hanya gundukan tanah yang menutup jalan masuk ke desa saja. Saat istirahat Mardianto menyampaikan warga sadar dengan kondisi wilayah kita, seringnya terjadi bencana harusnya menjadi pembelajaran. Wonosobo rentan terjadi bencana apa saja, yang tidak mungkin hanya tsunami, karena merupakan daerah ketinggian. Memajukan pertanian kentang atau sayuran lain silahkan, namun harus dibarengi dengan tanaman yang bisa memperkuat tanah. Setidaknya tindakan seperti itu akan memperkecil resiko akibat bencana baik harta, benda, bahkan nyawa.
Marilah kita sama-sama mawas diri, perekonomian memang sangat penting dalam mencukupi semua kebutuhan hidup. Lingkungan harus juga diperhatikan, agar kita selalu nyaman dalam melaksanakan kegiatan. Kita ketahui bersama yang namanya bencana bisa datang kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja. Untuk itulah mari kita benahi mulai sekarang, peduli dengan lingkungan alam  yang merupakan titipan dari anak cucu kita. Biar mereka nantinya tetap bisa menikmati indahnya dunia beserta isinya, ajak Mardianto.
Pendim 0707/Wsb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here