Karya Bakti Bersihkan Tanah longsor

WONOSOBOZONE – Sesuai dengan jati diri TNI bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan kembali lagi kepada rakyat.  Dengan jati diri tersebut membuat TNI selalu dekat dengan rakyat sehingga apabila rakyat mengalami kesusahan atau kesulitan secara keihlasan dan suka rela membantu rakyat.  
Hal ini seperti yang dilakukan di kelurahan Jaraksari Wonosobo terjadi tanah longsor yang menutup saluran air menyebabkan lahan pertanian mengalami kekurangan air. 
Koramil 01/Wonosobo dibawah pimpinan Kapten Inf Punidi bersama masyarakat, kelompok tani, pegawai kelurahan, PPL pertanian bersama sama melaksanakan karya bakti dengan sasaran memindahkan tanah longsor yang menutupi saluran irigrasi.  Saluran irigrasi yang tertimbun tanah longsor sepanjang kurang lebih 20 meter. Bila hal ini dibiarkan terus menerus akan mengganggu program yang sedang dicanangkan oleh pemerintah yaitu swasembada pangan yang harus didikung oleh semua lapisan masyarakat.  Karena aliran ini bisa mengaliri sawah sekitar 30 Ha.  
Manfaat dari karya bakti pembersihan saluran irigrasi ini selain untuk mengairi persawahan, kolam juga menumbuhkan kembali jiwa gotong royong yang saat ini mulai mengalami hilang dimasyarakat. 
Dengan dilaksanakan karya bakti ini semakin erat hubungan antara TNI, perangkat, PPL dan masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berat akan terasa ringan dan lebih cepat karena dilaksanakan secara bersama sama.  Apalagi dalam longsoran tersebut ada pohon besar yang tumbang sehingga membutuhkan tenaga agak banyak untuk memindahkannya.
Kepala kelurahan Jaraksari Ahmad Kuat Hartono mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh TNI untuk membantu mengatasi longsor yang menghambat saluran irigrasi.  Dengan kehadiran tentara masyarakat jaraksari jadi lebih semangat, pekerjaan menjadi lebih ringan.  Apalagi saat ini sedang memasuki masa tanam padi sehingga longsor yang terjadi sangat mengganggu dalam memenuhi kebutuhan air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here