KAPOLRES Ajak Masyarakat Budayakan Lingkungan Bersih dan Sehat

WONOSOBOZONE – KAPOLRES Wonosobo, AKBP Azis Andriansyah,S.H.,S.I.K.,M.HUM., mengajak masyarakat untuk membudayakan terciptanya lingkungan bersih dan sehat, hal ini disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Gabungan Peringatan Hari Kesehatan ke 52 dan sinergitas sipil, TNI dan POLRI, Kamis, 17 November di alun-alun Kota Wonosobo, yang diikuti ratusan ASN, anggota KODIM, POLRES serta jajaran tenaga kesehatan.
Menurut Aziz, dengan terciptanya lingkungan yang sehat, akan menunjang terwujudnya masyarakat Wonosobo yang sehat. Diharapkan masyarakat bisa ikut mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam menciptakan terciptanya lingkungan bersih dan sehat. Hal ini dimulai dengan menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal agar sehat dan bersih, termasuk di tempat terbuka untuk publik seperti alun-alun dan taman kota.
Untuk mewujudkan warga Wonosobo yang sehat, Aziz juga menyarankan agar mereka memanfaatkan jaminan sosial kesehatan seperti BPJS, sehingga bisa terjamin kesehatan tiap pribadi. Sedangkan untuk pelayanan optimal, Aziz sangat berharap agar call center 119 yang sekarang ada di Dinas Kesehatan, bisa disinergikan dengan layanan lainnya, seperti penanggulangan bencana, pemadam kebakaran, atau layanan gangguan kamtibmas. Jika layanan ini bisa disinergikan, ia optimis akan bisa tercipat sebuah layanan optimal kepada masyarakat.
Jika ketiganya bisa terwujud, yakni pribadi sehat yang terjamin melalui BPJS, lingkungan bersih dan sehat serta layanan publik optimal, maka akan tercipta masyarakat Wonosobo yang sehat.
Terkait upacara gabungan yang melibatkan sipil, TNI dan POLRI, Aziz mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, maupun anggota POLRES dan KODIM untuk meningkatkan kinerja, kedisiplinan dan menjalin koordinasi lintas sektor.
Koordinasi yang baik, yang telah dilaksanakan selama ini, sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas serta tanggungjawab, sehingga ke depan akan berimplikasi positif pada upaya penanggulangan berbagai macam masalah yang dihadapi. Khususnya dalam upaya percepatan penanganan masalah sosial, seperti penanggulangan kemiskinan dan optimalisasi pemeliharaan kondisi kamtibmas di Kabupaten Wonosobo, termasuk dalam mengantisipasi bahaya terorisme dan ancaman disintegrasi bangsa melalui ajaran-ajaran yang menyesatkan.
Menurut Aziz, kondisi kamtibmas yang aman bukan hanya sebuah anugerah, tapi harus  dijaga dan dirawat, sehingga perlu disini sinergitas yang optimal, seperti yang dipelopori oleh sipil, TNI dan Polri. Untuk mempertegas sinergitas, dalam upacara ini dibacakan janji aparatur dari tiga institusi, yakni Sapta Marga TNI, Tri Brata Polri dan Panca Prasetya KORPRI, sebagai pengingat bagi aparatur di tiga institusi ini, yang mana salah satunya berisi janji untuk setia dan menjaga persatuan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI.
Dalam kesempatan tersebut, KAPOLRES juga menyerahkan santunan dari GNOTA kepada 20 siswa-siswi SD, 4 siswa SLTP dan 4 siswa SLTA, dengan total nilai santunan sebesar 16,2 juta rupiah. Serta penyerahan piala berbagai kejuaran yang digelar dalam rangka peringatan Hari Kesehatan ke 52 serta lomba Perpustakaan dari tingkat SD, SLTP, SLTA dan umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here