Kantor Imigrasi Mulai Terima Permohonan Paspor Haji


Para pemohon paspor mengantri untuk diwawancara

WONOSOBOZONE – Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Wonosobo membuat terobosan terkait pelayanan pembuatan paspor calon Jamaah Haji (Calhaj). Yakni memperpanjang permohonan penerbitan paspor 6 bulan sebelum hari-H atau sejak bulan Januari. Hal tersebut terlihat ketika rombongan Calhaj dari Purworejo sebanyak 80 orang mendatangi Kantor Imigrasi, Rabu (11/1). Menurut Kepala Sub Seksi Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo, Washono menyebut pihak Imigrasi berupaya untuk mengantisipasi desakan permohonan paspor yang kerap terjadi ketika musim haji tiba. “Di tahun-tahun sebelumnya, kita membuka permohonan pembuatan paspor calhaj sekitar H – 3 bulan. Namun kali ini menjadi tahun pertama kita dalam melayani pembuatan paspor calhaj dengan waktu 6 bulan sebelum pemberangkatan,” terang Washono kepada Wonosobozone.

Washono mengaku pihak Imigrasi melayani sedikitnya 5 Kabupaten dan 1 Kota di tiap tahunnya dalam pembuatan paspor calhaj. “Di bulan Juni-Juli, pemohon paspor haji selalu mengalami antrian yang cukup panjang, hal tersebut juga berimbas kepada pegawai kami, dengan selesai bekerja diatas jam 8 malam di tiap harinya,” urainya.


Salah satu pemohon paspor haji dari Purworejo sedang diwawancara pihak Imigrasi

Dimulainya pengurusan paspor lebih awal, mendapat apresiasi dari para calon jamaah haji. Hadi Purwanto, salah satu pemohon paspor haji asal Purworejo menyebut dengan lebih awalnya pengurusan paspor haji, meringankan langkahnya untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ketanah suci. “Yang sudah diupayakan Kantor Imigrasi ini semoga benar-benar mampu memudahkan kami untuk bersiap diri melaksanakan ibadah haji, sehingga tidak membuat kami tergesa-gesa,” pungkas Hadi. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here