Kanparekraf Wonosobo Sesalkan Aksi Perusakan Lobang Sewu

WONOSOBOZONE – Aksi oknum pengunjung Obwis Lobang Sewu di Desa Erorejo Wadaslintang, yang mencorat coret batuan dengan cat semprot membuat Kepala Kantor Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Agus Purnomo geram. Ketika ditemui di kantornya, Jumat (11/9), Agus mengaku telah berkoordinasi dengan Kades Erorejo, demi menghindari aksi serupa di masa-masa mendatang.
“Aksi sepihak orang yang tak bertanggung jawab sungguh saya sesalkan, terjadi di objek wisata yang tengah gencar kami promosikan”, ungkap Agus.
Adanya coretan apapun di bebatuan lobang sewu, dikatakan Agus akan merusak keindahan dan pesona alami Obwis di kawasan waduk Wadaslintang tersebut.
“Pengunjung seharusnya memahami, bahwa batu-batuan berupa karang di lobang sewu merupakan aset berharga, karena kini mulai dilirik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara”, sesal Agus.
Mengingat pentingnya menjaga keaslian obwis yang oleh sebagian pengunjung diklaim sebagai Grand Canyon Indonesia itulah, Agus mengaku telah menghubungi aparat desa dan karang taruna Erorejo.
“Saya telah menginstruksikan agar pihak Desa memasang papan pengumuman berupa himbauan untuk pengunjung, agar tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis di Lobang Sewu”, lanjut Agus.
Instruksi tersebut, menurut Agus langsung direspons positif perangkat dan karang Taruna setempat.
“Pak Ambar Riyanto selaku Kades, dan Mas Anas dari Karang Taruna Desa Erorejo secepatnya akan memasang papan himbauan, bahkan dalam waktu dekat, akan disusun Peraturan Desa untuk Obwis Erorejo, sehingga pengunjung tidak seenaknya berbuat kerusakan di sana” pungkas Agus. dng
source : wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here