Kader Posyandu Ikuti Pelatihan Pendampingan Ibu Hamil

Narasumber dari Puskesmas Sapuran memberikan Sosialisasi kepada para Kader Posyandu

WONOSOBOZONE – Untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat, Kader Posyandu Kecamatan Sapuran dilibatkan dalam sosialisasi dan pelatihan pendamping Ibu hamil, yang digelar Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kecamatan Sapuran, pada Rabu (18/1) di Aula Pendopo Kecamatan Sapuran. Setelah 1 hari dilantik, Ketua TP-PKK Sapuran, Eni Bintari menyebut pelatihan tersebut merupakan bentuk lanjutan dari program TP-PKK lama di tahun 2016. “Program lanjutan ini kami realisasikan sebagai bentuk keseriusan kami dalam membantu pemerintah untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB) di Kecamatan Sapuran,” jelas Eni kepada wonosobozone.

Acara yang digelar selama dua hari tersebut, melibatkan 200 kader dari setiap Desa yang ada di Kecamatan Sapuran. Dengan menghadirkan 3 narasumber, Eni menghimbau kepada para kader untuk lebih intensif dalam mendampingi ibu hamil. Mengingat AKI/AKB di wilayah Sapuran, pada tahun 2016 belum mengalami penurunan yang signifikan. “Berdasarkan data dari Puskesmas, Angka Kematian ibu di Kecamatan Sapuran dibawah 5 orang, sedangkan Angka kematian balita dibawah 10 dan kematian bayi di bawah 20. Namun apabila dibandingkan dengan tahun 2015, AKI/AKB mengalami penurunan,” urai wanita yang juga berprofesi sebagai guru tersebut.

Dengan adanya keseriusan dalam menekan AKI/AKB dari TP-PKK Sapuran tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten, Fairuz Eko Purnomo mengapresiasi positif. “Saya salut kepada Ketua TP-PKK Sapuran, tanpa istirahat, beliau langsung melaksanakan program sebagai mitra pemerintah,” puji Istri Bupati itu. Dengan adanya upaya tersebut, Fairuz berharap para peserta mampu meningkatkan kegiatan kesehatan yang mendasar khususnya dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di lingkungan masing-masing. “Semoga para Kader TP-PKK lain bisa termotivasi untuk segera melakukan tindakan nyata dalam men-sejahterakan masyarakat,” tandasnya. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here