Jurnalis Cilik SD 2 Wonosobo In Action

WONOSOBO – Tak banyak anak anak sekolah dasar kala liburan semester masih berkutat dengan aktifitasnya. Berlibur dan menikmatinya indahnya liburan kerap mendominasi anak-anak ini. Namun tidak bagi siswa SD 2 Wonosobo ini. Mereka tetap melakakukan kegiatan yang bermanfaat dan menginspirasi anak lain. Mereka adalah siswa siswi kelas 3 dan kelas 4 SD negeri 2 wonosobo.

.

Disela sela liburan, mereka melakukan aktifitas yang luar biasa untuk anak seusianya, yakni praktek jurnalistik. Mereka adalah Sekar, Mita, Rio dan Zaviro.

.

Saat prosesi wisuda Universitas Sains Al-Qur’an yang digelar di Sasana Adipura Kencana Wonosobo belum lama ini, mereka melalukan wawancara kepada salah satu dosen tamu yaitu Prof. Hasim Muhaammad. Tidak hanya itu, ketika mereka bertemu dengan Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras merekapun juga melakuka wawancara secara spontan.

.

Hal tersebut bahkan membuat Guru pembina pelatihan Jurnalistik SD 2 Wonosobo, Salamah sampai tercengang kaget terhadap keberanian dan ketangkasan mereka. Bahkan Sekar dan Mita yang merupakan siswa kelas 3 dengan berani memberikan pertanyaan yang cukup intelek. “Tidak ada skenario dalam pelatihan praktek ini, mereka mampu mengembangkan proses wawancara ketika berada di lapangan. Tentu saja hal ini sangat membanggakan,” ujar Salamah yang pada 1 Desember 2018 lalu menjadi pemenang Rekor Guru Menulis Tingkat Nasional yang diadakan PGRI.

.

Kebanggaan yang sama juga diungkapkan Kepala Sekolah SD 2 Wonosobo, Ruslaeni. Wanita berparas cantik itu mengaku sangat senang dan akan terus mendukung bakat hebat muridnya. “Pastinya kami akan support penuh bentuk pembelajaran apapun yang dapat meningkatkan bakat serta kreatifitas mereka,” tandas Kepsek.

.

Para pembina lain ekstrakulikuler Jurnalis Cilik, Sri Sugiarti, Tarmiasih dan Surati juga menyiratkan kebanggaaannya saat para jurnalis cilik keluar dari tempat transit di utara gedung sasana adipura. Menurut Sri Sugiarti, Ektrakulikuler Jurnalis cilik tersebut dikomunikasikan sebulan sekali. Sedangkan untuk kegiatan diluar sekolah biasanya kegiatan dilakukan ketika kegiatan tengah semester atau kegiatan akhir semester.

BACA JUGA:  Hari Kemerdekaan Untuk Mbah Kasjo

.

“Karakter yang ingin dicapai adalah gotong royong, disiplin serta menghargai sesama manusia. Kami berharap kegiatan ini mampu menginspirasi anak anak SD lainnya. Karena kegiatan yang menyenangkan ini akan menjadi kenangan tak terlupakan seumur hidup bagi anak anak. Apalagi pengalaman bertemu dengan tokoh tokoh yang bisa jadi menginspirasi mereka untuk meneruskan profesinya,” pungkas Sri. (Ard)

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.