Jembatan Tak Layak di Magelang Bak Jembatan ‘Indiana Jones’ Akan Diperbaiki Menteri PUPR

MAGELANG – Jembatan Gantung Kali Progo Ngembik Magelang, dinilai sudah tidak layak pakai. Saking tak layaknya, jembatan ini terbuat dari papan berupa bambu. Jembatan gantung ini panjangnya sekitar 100 meter yang melintasi Kali Progo. Jembatan gantung ini mirip seperti jembatan yang ada di film Indiana Jones.

Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubungkan Desa Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang dengan Ngembik, Kramat Utara, Kota Magelang.

Setelah menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono diajak Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan Anggota DPR RI Nusyirwan Soejono melihat langsung jembatan gantung tersebut.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun kembali jembatan gantung tersebut agar aman dilalui.

“Kalau jembatan sudah begini, masa sih tidak bisa diganti. Kita akan ganti tahun 2019 ini. Ini kan jalan buat produksi, untuk anak sekolah, bahaya, untuk itu kami ganti,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kamis (4/4/2019) saat meninjau jembatan Ngembik.

Untuk pembangunan jembatan nantinya, kata dia, dibangun dengan lebar 1,8 meter. Diharapkan nantinya bisa dilewati sepeda motor dan dimanfaatkan oleh warga yang melintas disini. 

“Banyak yang kayak gini (jembatan gantung Kali Progo), makanya kita punya program yang sudah dibangun sekitar 134, tahun 2019 kita punya program 166. Ini baru lihat. Ini nanti sudah termasuk kita ganti tahun ini.
Tanah sudah siap semua kan, sudah ada existing, tinggal ganti. Tahun ini kita kerjakan,” kata Basuki.

Sementara Sigit Widyonindito mengatakan, pembangunan jembatan gantung ini sangat luar biasa.

“Ini luar biasalah, nggak terkira. Rezekinya masyarakat Kota Magelang, yang jelas bisa memperlancar saudara kita yang ada di Bandongan, ya secara keseluruhan. Kalau pagi hari, kayak apa itu? Mau papasan sulit, setengah mati. Saya pernah dengan ibu jalan di sini jam 5 pagi, takut saya, hampir merangkak sampai ke barat. Tadi, Pak Menteri sudah menyampaikan, Insya Allah tahun ini akan dibangun,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Bhakti Untuk Negeri Diatas Awan (BUNDA)

Artikel dikutip dari detikFinance Penulis Eko Susanto, link
https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-4496920/menteri-pupr-perbaiki-jembatan-indiana-jones-di-magelang-tahun-ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.