Jelang Pilkades, Linmas Kertek Jalani Diklat Khusus


WONOSOBOZONE – Menjelang pelaksanaan pilkades massal Kabupaten Wonosobo yang akan digelar pada tanggal 22 Nopember mendatang, sebanyak 98 anggota Linmas Kecamatan Kertek menjalani Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) di Kolat Rindam IV Diponegoro, Bantir, Sumowono Semarang. Para peserta merupakan Linmas dari 4 Desa yaitu Reco, Kapencar, Purbosono dan Candiyasan. Mereka menjalani Diklat selama 5 hari mulai tanggal 1 hingga 5 Nopember 2016.
Camat Kertek, Bandriyo menyatakan bahwa program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas. “Untuk instruktur, selain dari sini (Kolat Rindam) akan adapula dari Polsek maupun Koramil Kertek,” katanya. “Yang jelas upaya ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas para anggota Linmas utamanya pada saat pengamanan tahapan Pilkades,” lanjut Camat Kertek. “Dan tidak berhenti sampai disini. Rencananya akan terus kita laksanakan untuk desa-desa lainnya,” katanya.
Sementara itu Kapolsek Kertek AKP Marino, S.H., M.H. menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Camat Kertek untuk memberikan Diklatsus kepada anggota Linmas. “Linmas merupakan solusi utama penanganan keamanan di tingkat Desa. Karena jumlah Polisi yang masih kurang, maka memberikan kemampuan lebih bagi linmas dalam upaya pengamanan adalah sebuah langkah yang tepat,” katanya.
Selama 5 hari tersebut, anggota Linmas mendapat pelatihan tentang kedisiplinan, tugas pokok kelinmasan, Bela Negara, TPTKP dan pengetahuan Pemilihan Umum. “Tujuannya agar para anggota Linmas ini bisa dengan tepat membantu Polisi dalam melaksanakan pengamanan tahapan Pilkades,” terang AKP Marino.
Para anggota Linmas pun menyambut baik kegiatan pelatihan tersebut. “Baru kali ini dilaksanakan pelatihan seperti ini. Kami sebagai Linmas menyambut baik pelatihan ini karena menambah pengetahuan kami. Sehingga dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik,” kata salah satu linmas, Yutamto.

Source polres wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here