Jelang Natal dan Pergantian Tahun 2017, Pihak Terkait Diharapkan Tingkatkan Koordinasi Pengamanan Kamtibmas

WONOSOBOZONE – Jelang Hari Raya Natal 2016 dan pergantian tahun 2017, pihak terkait diharapkan tingkatkan koordinasi pengamanan kamtibmas. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, Eko Sutrisno Wibowo, saat membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor Jelang Peringatan Natal dan tahun baru 2017 yang diikuti seluruh Camat dan Pimpinan OPD serta jajaran FORKOMPINDA, Kamis, 15 Desember, di Pendopo Belakang Kabupaten Wonosobo.
Menurutnya persoalan kamtibmas jelang Hari Natal dan pergantian tahun bisa terjadi dimana saja dan oleh siapa saja. Benturan kepentingan di tengah masyarakat karena berbagai perbedaan seperti yang terjadi di berbagai daerah di tanah air dewasa ini, juga bisa saja terjadi di wilayah Wonosobo jika tidak ada penanganan konflik yang baik.
Sekda yakin jika penanganan konflik dilakukan dengan baik, maka dapat menjadi modal strategis untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang baik, serta bisa membantu masyarakat melaksanakan ibadah di hari natal dan merayakan tahun baru 2017 dengan tenang, aman dan nyaman. Dengan kondisi keamanan yang terjamin, masyarakat yang tertib dan tentram, otomatis menjadi kondisi yang ideal serta kondusif bagi pelaksanaan natal dan tahun baru.
Terkait hal ini, Eko mengajak seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait untuk bergandengan tangan meningkatkan koordinasi, sehingga kehidupan masyarakat tetap bersatu dalam kehidupan yang penuh kedamaian. Khusus kepada Bagian Sosial dan Kesra Setda bersama dengan Kantor Kesbangpol diminta bisa melakukan langkah-langkah koordinatif dengan pihak keamanan, seperti POLRI dan TNI, dalam melakukan langkah-langkah pengamanan tempat ibabah. Kemudian kepada Kantor Perindustrian dan Perdagangan bersama Bagian Perekonomian dan Ketahanan Pangan Setda, diminta melakukan langkah-langkah antisipatif, terkait kemungkinan kenaikan harga sembilan bahan pokok di tengah masyarakat, termasuk harga elpiji dan BBM, dengan memastikan kondisinya aman dan stabil, baik dari sisi stok maupun harga, sehingga tidak menimbulkan gejolak dalam perayaan natal dan pergantian tahun.
Sedangkan kepada Kantor Perhubungan juga harus bisa dipastikan, kondisi infrastruktur jalan dan sarana prasarana lalu lintas dengan melakukan langkah-langkah koordinatif dengan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, termasuk antisipasi dengan baik lonjakan jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata dan hiburan yang berpotensi mengalami kenaikan, dikarenakan adanya libur panjang natal dan tahun baru serta libur sekolah.
Eko juga minta kepada pihak terkait untuk menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Wonosobo, agar dalam merayakan pergantian tahun, bisa menghadapinya dengan penuh kesederhanaan, jangan berlebihan, bermewah-mewahan, apalagi sampai merugikan orang lain.
Sedangkan Kabagops Polres Wonosobo, Kompol Siswanto mengungkapkan, sebanyak 275 personel akan dilibatkan Operasi Lilin Candi 2016 yang terbagi dalam 5 satgas. Satgas 1 dipimpin oleh Kasat Intelkam dengan tugas deteksi dini dan pembinaan masyarakat, Satgas 2 dipimpin oleh kasat lantas dengan tugas  pencegahan, Satgas 3 dipimpin oleh Kasat Sabhara dengan tugas penindakan, Satgas 4 dipimpin oleh Kasat Reskrim dengan tugas Penegakan Hukum serta Satgas 5 dipimpin oleh kasat binmas dengan tugas bantuan dan dukungan operasi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here