Jelang Akhir Tahun Anggaran, Masih Ada Proyek Strategis Belum Tuntas

WONOSOBOZONE – Menjelang berakhirnya Tahun Anggaran 2016, ternyata masih terdapat beberapa proyek pembangunan bernilai strategis yang secara pengerjaannya, belum tuntas, dan dikhawatirkan tidak selesai sesuai target. Demi mengantisipasi hal itu, Tim Pengawalan dan Pengamanan  Pembangunan Pemerintahan Daerah (TP4D) turun langsung ke lapangan. Kepala Kejaksaan Negeri, yang juga selaku penasehat TP4D, Agustinus SH, menegaskan pihaknya berupaya mendorong para penyedia jasa untuk mempercepat pekerjaan, agar warga masyarakat secepatnya bisa memanfaatkannya.
Di sela pemantauan proyek jembatan penghubung Desa Wonosroyo-Binangun, Kecamatan Watumalang bersama Bupati dan Jajaran Dinas Pekerjaan Umum, Jumat (16/17), Kajari menerangkan tugas TP4D, yang terdiri dari Kasi Intellijen, Kasi Pidana Khusus, serta Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara untuk mendorong percepatan pembangunan, merupakan amanah dari Presiden RI. “Fokus kami terutama adalah pada proyek-proyek bernilai strategis, baik secara nilai anggaran yang sudah mencapai angka lebih dari 1 Milyar Rupiah, maupun secara nilai manfaat untuk masyarakat,” tuturnya. Karena itulah, dalam setiap pemantauan di lapangan TP4D selalu berusaha untuk bertemu langsung dengan pihak penyedia jasa, dan menggandeng instansi Pemerintah terkait, atau bahkan bersama Bupati.
Kepada para pelaksana teknis proyek di lapangan, Kajari mengaku ia dan tim berusaha menggali apa saja yang menjadi kendala, sehingga proyek tersebut molor penyelesaiannya. “Kalau ada yang karena kurang tenaga kerja, maka kami arahkan untuk menambah, sementara kalau kendalanya ada pada cuaca, seperti contohnya hujan yang turun terus menerus akhir-akhir ini, kami minta agar pihak penyedia jasa, melengkapi alat kerja dengan terpal pelindung,” bebernya. Hal itu, menurut Agustinus cukup efektif, karena pada umumnya imbauan TP4D dituruti para pelaksana kegiatan. Proyek pembangunan daerah, terutama yang berupa sarana infrastruktur menurut Kajari sudah selayaknya didorong untuk bisa selesai tepat waktu, mengingat kegunaan dan fungsinya sangat dinantikan warga masyarakat untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong perekonomian warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here