Jaraksari Ditargetkan 2020 Tuntas Sebagai Kota Tanpa Kumuh

WONOSOBOZONE.COM – Kelurahan Jaraksari yang mendapati SK dari Bupati Wonosobo pada 2018 silam dalam Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) sebentar lagi menuai hasil. Pasalnya Koordinator Kota Kotaku Kab.Wonosobo, Prasetya Budi menargetkan di tahun 2020 tuntas.

Tahun 2020 ini Jaraksari selesai dan mendapat predikat sebagai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Ini menjadi momentum puncak karena beberapa indikator dari Kotaku sudah diselesaikan,” terang Prasetya disela peningkatan Kapasitas Forum Komunikasi Antar Lembaga Keswadayaan Masyarakat (FKA-LKM) yang diikuti seluruh LKM se-Kab. Wonosobo di RM Wonoboga, Selasa (4/3/) kemarin.

Selain Jaraksari, Prasetya juga menyebut ada 4 Kelurahan yang mendapati SK Kotaku tersebut, diantaranya Kelurahan Wonosobo Timur, Wonosobo Barat, Mlipak dan Sambek. Namun menurut Prasetya, keempat kelurahan itu sudah selesai pada tahun 2019.

Jaraksari juga sebenarnya 2019 selesai. Namun ditambahkan 1 tahun lagi mengingat luasan Jaraksari yang belum terpenuhi semuanya untuk menjadi bebas dari kekumuhan,” lanjut Prasetya.

Program Kotaku sendiri di era Presiden SBY bernama PNPM mandiri yang mengarah ke program penanganan kemiskinan, namun di era presiden Jokowi saat ini bernama Kotaku yang bergerak dibidang penanganan daerah kumuh.

Sementara itu, menurut Kartimin selaku Ketua Koordinator LKM se- Kab. Wonosobo mengatakan untuk kegiatan kotaku di Kabupaten Wonosobo semaki mendapat dukungan, baik dari Disperkimhub , BAPPEDA, DPUR, maupun Dinas LH, Sehingga kekumuhan di kabupaten Wonosobo sudah cukup banyak bekurang. hingga saat ini memprogramkan Wilayah Kawasan di Kelurahan Jaraksari kabupaten Wonosobo.

Pemda mengapresiasi Sejak 2012 program Exit strategi forum LKM mampu menuntaskan kinerja. Meskipun beberapa ada kendala dan hambatan, namun dapat diminimalisir dan menjadi bahan evaluasi di tahun selanjutnya,” pungkasnya (ard)

BACA JUGA:  Gerakan Koperasi Bantu Rehab Rumah Milik Ansori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.