JANGAN TAKUT SABER PUNGLI

WONOSOBOZONE – Dengan dibentuknya Tim Saber Pungli di Kabupaten Wonosobo beberapa waktu lalu, kinerja Pemerintah  mulai dari tingkat Kabupaten sampai Desa terus diawasi. Tetapi para Kepala Desa dan Perangkat Desa tidak perlu takut dengan Saber Pungli, selama menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE, MM, pada acara pembukaan Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) Persatuan Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Wonosobo (PKKW), bertempat di gedung PKKW jalan Banyumas Km. 5 , Rabu (08/02).
Eko Purnomo juga menyampaikan bahwa PKKW merupakan suatu wadah Pemerintahan Desa yang potensial untuk saling bertukar ide dan gagasan demi kemajuan Desa dan kemajuan Kabupaten Wonosobo pada umumnya. Karena Desa akan menjadi bagian titik tumpu pembangunan, dalam hal ini membangun dari desa dapat dimaknai sebagai sebuahkomitmen besar untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat, sesuai dengan Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yang memberikan harapan baru bagi terlaksananya otonomi desa, serta menyempitkan disparitas wilayah yang selama ini menjadi tantangan pembangunan nasional. Diharapkan, dengan dilaksanakannya Musyawarah Kabupaten Persatuan Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Wonosobo (PKKW) tahun 2017, nantinya akan menghasilkan gagasan-gagasan yang dapat memacu seluruh elemen pemerintahan desa serta pemerintahan daerah pada umumnya untuk lebih memainkan perannya dalam mengisi pembangunan yang didasarkan pada keswadayaan, kemandirian serta aspiratif. Di samping itu, PKKW untuk tetap istiqomah melaksanakan amanat Pasal 51 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, untuk tidak berafiliasi pada partai politik tertentu serta netral. Sekaligus mampu menjembatani komunikasi antara masyarakat desa, pemerintah desa dan pemerintah kabupaten, dalam rangka koordinasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan serta pelaksanaan otonomi daerah.
Sementara itu menurut ketua panitia Muskab, Sukron Makmun, bahwa agenda utama Muskab kali ini adalah pemilihan Ketua dan Pengurus PKKW Periode 2017-2020, menggantikan kepengurusan periode 2013-2016. Dimana ada 2 orang kandidat yaitu Nurkholis, kepala desa Sitiharjo Kecamatan Garung dan Heru Nur H, Kepala desa Pengarengan Kecamatan Kalibawang.
Berdasarkan hasil Muskab, maka Nurkholis yang terpilih untuk memimpin Persatuan Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Wonosobo Periode 2017-2020, untuk menggantikan ketua PKKW periode 2013-2016 yaitu Sapuan Haryanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here