Jamaah Haji Pulang Ke Wonosobo, Pelayanan Haji Dinilai Memuaskan

WONOSOBOZONE – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo dinilai bagus dalam melayani para jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah Tahun 2016. Kesan positif itu terungkap dari sebagian besar jamaah haji Kelompok terbang (Kloter) 34 Embarkasi Adisumarmo, yang pada Sabtu (1/10) pagi tiba di Pendopo Kabupaten, setelah menempuh perjalanan udara dan darat puluhan jam dari Arab Saudi. Meski terlihat kelelahan lantaran kurang tidur, rata-rata jamaah haji mengaku bahagia dan sangat bersyukur bisa kembali dengan selamat dan bertemu kembali dengan keluarga tercinta. “Alhamdulillah kami bisa kembali ke Wonosobo setelah menjalani seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci, dan ini semua tak bisa dilepaskan dari pelayanan sepenuh hati para petugas pendamping maupun tim kesehatan yang ditugaskan oleh Kementerian Agama,” tutur Isnanto (50), jamaah asal Argopeni.
Upaya untuk memberikan servis terbaik bagi para jamaah haji asal Wonosobo, diakui salah satu petugas pendamping, Aziz Nuri Haryono. Menurut Aziz, selama berada di Arab Saudi, seluruh jamaah haji memang mendapatkan perhatian penuh, baik dalam hal asupan gizi dan kondisi kesehatan, hingga pada saat mereka harus menjalankan rukun-rukun dalam ibadahnya. Dari total 355 orang jamaah Kloter 34 yang berangkat, Aziz menyebut ada 1 jamaah yang tak bisa kembali ke tanah air lantaran meninggal dunia, tak lama setelah menjalankan wukuf di Arofah. “Jamaah yang pulang hari ini sejumlah 344 orang, karena 1 jamaah atas nama Nastangin Bin Tjakrapawiro (80) dari Kalibeber, Mojotengah meninggal dunia ketika hendak melaksanakan Nafar Tsani,” jelas Aziz. Upaya untuk menolong Almarhum, dikatakan Aziz juga sudah maksimal, namun takdir berkehendak lain. Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umroh, Totok Jumantoro menyebut alm Nastangin dalam kondisi sehat ketika berangkat dari Wonosobo. Setelah kepulangan 354 jamaah Kloter 34, Totok juga mengungkap jadwal kembalinya jamaah haji asal Wonosobo yang tergabung dalam kloter 59 dan 60. “Dua kloter lainnya, yaitu Kloter 59 dan 60 direncanakan tiba kembali di Wonosobo pada Selasa (11/10) mendatang,” pungkasnya.
Menyambut kembalinya para jamaah haji yang tergabung dalam kloter 34, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo mengaku sangat bersyukur. Ditemui seusai acara penerimaan jamaah, Eko menyampaikan rasa terimakasihnya kepada segenap petugas pendamping yang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Pemkab, dikatakan Bupati akan terus mendorong agar pelayanan untuk ibadah haji di tahun-tahun mendatang semakin baik, dengan menempatkan petugas-petugas yang kompeten. “Harapannya tentu ke depan jamaah haji asal Wonosobo akan semakin merasakan kenyamanan sepanjang menjalani prosesi rangkaian ibadah, baik sebelum berangkat, selama di tanah suci, hingga pulang kembali ke tanah air,” tutup Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here