Jam Kerja PNS Berkurang 4,5 Jam Per Minggu Saat Ramadhan

WONOSOBOZONE – Jam kerja aparatur sipil Negara (ASN) sepanjang bulan ramadhan 1437 H mendatang bakal mengalami pengurangan hingga 1 jam per hari nya. Bagi para abdi Negara di lingkup Pemkab Wonosobo, jam kerja akan dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB pada setiap Senin hingga Kamis. Sementara, di hari Jumat jam kerja ASN dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai 10.30 WIB. Jam kerja aparatur sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang menerapkan 5 hari kerja adalah 32,5 Jam per minggu nya, ungkap Sekretaris Daerah, Eko Sutrisno Wibowo ketika ditemui seusai apel pagi di halaman Pendopo Kabupaten, Selasa (24/5).
Aturan terkait jam kerja pegawai tersebut, menurut Eko mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tertanggal Nomor 04 Tahun 2015, tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI, Polri pada Bulan Ramadhan. Selain itu, kami juga merujuk pada Surat dari Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Nomor 805/0007855 tentang pengaturan cuti Tahunan Keperluan Nyadran dan penetapan jam kerja PNS selama Bulan Ramadhan Tahun 2016, tegas Eko. Para pegawai di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sampai ke tingkat Desa dan Kelurahan, dikatakan Eko telah diberikan sosialisasi terkait jam kerja selama bulan puasa, dan diminta agar tetap menjaga kondusifitas lingkungan kerja masing-masing. Intinya meski ada pengurangan jam kerja, pelayanan publik tetap harus optimal, sehingga masyarakat tidak merasa dikurangi hak-hak nya, tandas Eko.
Harapan agar para pegawai tetap menjaga komitmen dan semangat pelayanan kepada masyarakat juga disampaikan Wakil Bupati, Agus Subagiyo. Kepada para ASN di lingkup Pemkab Wonosobo, Agus berharap, agar sepanjang ramadhan justru menggenjot semangat kerja, karena pekerjaan merupakan bagian dari ibadah. Jangan justru loyo, atau kendor semangatnya hanya karena puasa, karena nanti malah rugi sendiri  tidak memperoleh pahala ibadah secara maksimal, tegas Wabup. Demi menghindari mengendornya semangat kerja, Wabup mengimbau agar para pegawai menjaga pola hidup sehat, termasuk saat berbuka dan sahur, serta mencukupkan waktu istirahatnya. Asupan makanan dan minuman untuk berbuka maupun sahur usahakan agar yang memiliki kandungan gizi cukup, sehingga mampu menjaga tubuh tetap sehat sepanjang puasa, pungkas Wabup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here