Jalan Santai Peringati HDI dan HKSN

WONOSOBOZONE – Ratusan orang penyandang disabilitas dari berbagai perkumpulan, keluarga penyandang disabilitas, TKSK, pendamping PKH, panti dan orsos, Tagana dan PSM serta undangan dari SKPD dan Panitia Hari Ibu mengikuti Jalan Santai Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) ke 23 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Kabupaten Wonosobo Tahun 2015. Bertempat di Alun alun Wonosobo, Minggu, 20/12/15.
Kepala Bagian Sosial dan Kesra Setda Kabupaten Wonosobo, Eko Suryantoro, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa jalan santai dengan rute alun alun, jalan Angkatan 45, Taman Plasa, Jalan A Yani dan kembali ke alun alun, kali ini juga merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka memperingati HDI dan HKSN Kabupaten Wonosobo seperti lomba lomba bagi penyandang disabilitas dan kegiatan sosial lainnya.
Eko juga menyampaikan bahwa jalan santai dan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa ditengah tengah mereka masih ada teman kita penyandang disabilitas yang memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai warga Negara, serta untuk menunjang program Wonosobo ramah penyandang disabilitas. Dan diharapkan nantinya tumbuh kesadaran masyarakat akan keberadaan penyandang disabilitas, saling menghargai akan harkat martabat sebagai warga Negara, memberikan kesempatan yang sama dalam kehidupan bermasyarakat.
Selain jalan santai yang dilepas oleh Asisten Administrasi Sekda Wonosobo, Sumaedi SH. M.Si, juga diserahkan bantuan berupa 12 unit kursi roda, 13 unit kruch, 4 unit kaki palsu, 2 unit brace, 5 unit alat dengar dari APBD Kabupaten Wonosobo yang diserahkan secara simbolis oleh Sumaedi.
Pada kesempatan itu Sumaedi juga menyampaikan bahwa melalui peringatan HDI dan HKSN ini bisa dijadikan momentum untuk meyakini bahwa penyandang disabilitas adalah salah satu potensi kekuatan Negara, bukan beban bagi Negara, yang mengisyaratkan seluruh komponen bangsa untuk bersama sama melakukan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas, dengan melibatkan mereka secara aktif dalam berbagai aspek kehidupan sesuai potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu diharapkan kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Wonosobo untuk terus berkarya, kekurangan jangan dijadikan halangan untuk berperan aktif dalam pembangunan.
Selain jalan santai pada kesempatan itu juga dilaksanakan, pemeriksaan kesehatan dan pijat gratis bagi penyandang disabilitas, pembagian doorprise dan hiburan music dari penyandang disabilitas dan grup music Alpha Boplo Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here