Jaga Ekosistem Sungai, Puluhan Ribu Benih Ikan Di Tebar

WONOSOBOZONE.COM – Pemerintah Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, serta didukung oleh Kelompok Masyarakat Pengawas “Serayu”, melakukan tebar benih ikan di sungai Sanggaluwang desa Wonokerto Kecamatan Leksono, Selasa (7/7/2020). Sebanyak tigapuluh ribu ekor benih ikan yang ditebar tersebut dilakukan sebagai upaya pelestarian sumber daya ikan di Perairan Umum Darat, dalam hal ini sungai.
.
Seperti diketahui, stock jumlah ikan di Perairan Umum Darat kini cenderung semakin menurun, akibat eksploitasi penangkapan ikan, penangkapan ikan dengan alat yang dilarang, tidak adanya Fish Way pada konstruksi bendungan, pencemaran, dan lain sebagainya.
.
Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo di sela-sela kegiatan mengungkapkan, kegiatan Restocking adalah salah satu upaya untuk meningkatkan stok ikan di perairan umum, dengan cara menebarkan benih ikan pada perairan yang dinilai telah mengalami overfishing. Kegiatan restocking ini juga merupakan salah satu solusi, untuk meningkatkan populasi ikan di sungai, dengan dukungan maksimal dari semua pihak.
.
Kepada seluruh stakeholder, khususnya kepada komunitas pecinta sungai, Pokmaswas, Karang Taruna dan Desa Wonokerto, Wabup mengucapkan terima kasih atas komitmen dan langkah nyatanya dalam pelaksanaan peran masing-masing untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya Perairan Umum Darat. Selain itu Agus juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk cinta dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.
.
Saya mengajak seluruh masyarakat untuk cinta lingkungan, sayangi sungai, jaga kelestarian sungai dan semua yang ada didalamnya, demi anak cucu dimasa mendatang,” ajaknya.

Senada, Kabid Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Arif Rahman Hakim mengaku prihatin dengan maraknya penangkapan ikan menggunakan alat yang tidak wajar sehingga merusak ekosistem ikan sungai. Namun Ia juga mengapresiasi penyerahan alat strom ikan di Kecamatan Kepil beberapa waktu lalu.
.
Saya menghimbau agara masyarakat ikut menjaga benih ikan yang ditebar ini hingga dibiarkan tumbuh besar, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan penangkapanya dilakukan dengan cara yang wajar,” tegasnya.
.
Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan Ia Menyebut bahwa tahun 2018 angka konsumsi ikan dikabupaten Wonosobo baru mencapai angka 24,52 kg per kapita pertahun, hal ini tentu masih jauh dari angka konsumsi Provinsi yang mencapai 30,64kg per kapita per tahun.

BACA JUGA:  Menjaga Persahabatan Ditengah Perbedaan

Jadi ini merupakan tantangan bagi Wonosobo untuk meningkatkan konsumsi ikan, seperti himbauan presiden bahwa mengkonsumsi ikan akan meningkatkan imunitas tubuh,” tandasnya.

Sementara itu, Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Dr Drama Panca Putra, dalam sambutannya mengatakan, penebaran benih ikan di disungai ini merupakan bentuk kepedulian Kementerian KKP terhadap masyarakat Kabupaten Wonosobo.

Diharapkan setelah penebaran benih ini dilakukan pemantauan dan pengawasan agar mencapai sasaran yang dikoordinir oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dengan melibatkan peran serta masyarakat setempat,” pungkasnya. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.