Ipda Nurull: Dulu Duta Wisata Wonosobo, Kini Perwira Akpol Berprestasi

Inspektur Polisi Dua Nurull Kamila bersama dengan kedua orangtuanya. (KOMPAS.com/NAZAR NURDIN)
WONOSOBOZONE – Kisah para perwira yang menjalani proses pendidikan di Akademi Kepolisian tidak hanya didominasi laki-laki. Para perwira perempuan di Akpol ternyata juga bersaing untuk menjadi salah satu yang terbaik, salah satunya Inspektur Dua Polisi Nurull Kamila. 

Gadis berusia 22 tahun tersebut adalah mantan duta wisata di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sebelum masuk Akpol, dia sudah malang melintang mempromosikan wisata di Wonosobo, kawasan Dieng adalah salah satunya wilayah promosinya sewaktu jadi duta wisata. 

“Saya siap ditugaskan dimana saja. Saya sudah mulai belajar dan sudah sering tinggal berpindah-pindah tempat,” ujar dara kelahiran Wonosobo, 1 Juli 1993 ini, Jumat (31/7/2015). 

Baginya, menjadi seorang polisi wanita (Polwan) adalah sesuatu yang membanggakan. Ia juga tidak segan untuk selalu berkomunikasi dengan masyarakat, lantaran mengantongi pengalaman menjadi duta wisata. Hal tersebut juga memudahkan kariernya dalam belajar di akademi. 

Nurull mengakui, pengalaman masa lalu membuat dirinya semakin percaya diri. Kini dia menjadi perwira perempuan terbaik dari 44 perwira perempuan di Akpol. Ia juga masuk sebagai 10 besar dari perwira berprestasi. 

“Syukur alhamdulilah. Pendidikan saya bisa selesai empat tahun. Semoga ini menjadi awal perjuangan dalam institusi Polri,” ujar putri pasangan Masrukhin-Supriyati Lestari itu. 

Wanita yang mempunyai hobi renang ini juga tergolong sebagai wanita aktif. Ia juga kerap dilibatkan dalam kegiatan seni, laiknya tari. Dia mengaku beberapa menampilkan tari di hadapan beberapa pejabat kepolisian, ketika timnya beraksi. 

“Di akademi ini juga sering menari Gambyong. Dulu waktu pementasan menyambut Kapolri,” cetus wanita yang mempunyai indeks prestasi 3,6 itu. 

Sang ayah, Masrukhin, yang juga sebagai Kepala Satuan Bimas Polres Wonosobo, juga menaruh bangga kepada sang putri. Saat upacara pelantikan, Masrukhin terlihat mencium tanah di Lapangan Bhayangkara Akpol dan sempat menjadi perhatian para pengunjung. 

Kepada sang anak, dia berpesan untuk terus belajar dan berbakti pada nusa bangsa. Nurull juga diminta untuk tidak sombong dengan prestasi yang dimilikinya saat ini. 

“Saya sangat terharu sekali. Ini nikmat Allah yang luar biasa. Terima kasih banyak,” tukas warga Desa Jaraksari Rt 03/02 Wonosobo ini. 

Nurull bersama 389 perwira lainnya dari telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (30/7/2015). Dia ikut mengucap sumpah sebagai anggota Polri untuk tunduk dan patuh berbakti pada bangsa dan negara.
Penulis : Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Editor : Caroline Damanik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here