INTESNSITAS HUJAN TINGGI PICU BERBAGAI WILAYAH DI BANJARNEGARA LONGSOR

BANJARNEGARA – Intensitas hujan yang sangat tinggi mengakibatkan longsor berbagai wilayah di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rachman mengatakan, hari ini saja setidaknya terjadi empat longsor yang telah dilaporkan. Empat peristiwa itu terjadi di Kecamatan Susukan, Pagedongan, Karangkobar, dan Kecamatan Kalibening.

“Ini hari ini pun ada beberapa kejadian ya. Di susukan, di Pagedongan, Karangkobar, Kalibening juga ya yang hari ini. Mulai kemarin hari Senin ada tujuh longsor,” katanya, Rabu (16/1/2019).

Arif menambahkan, Salah satu longsor yang dampaknya besar adalah longsornya jalan antara Kecamatan Pandanarum menuju Desa Pringamba. Jalur ini kembali lumpuh usai terjadinya longsor di ruas jalan kabupaten ini.

Selain longsor di Pringamba, Pandanarum, longsor juga terjadi di Sirongge, Sewidak dan beberapa lokasi lainnya. Longsor terjadi di pemukiman penduduk dan jalan umum.

Curah hujan tinggi menjadi penyebab utama banyaknya peristiwa longsor di Banjarnegara. Terlebih, sebagian besar wilayah Banjarnegara berada di kawasan perbukitan atau pegunungan dengan sudut elevasi tinggi. Karenanya, saat didera hujan lebat, tanah jadi rawan bergerak.

Meski terjadi banyak longsor sejak awal pekan, tak ada korban jiwa dalam bencana longsor ini. “Saya meminta agar masyarakat selalu waspada terhadap ancaman bencana longsor seturut tingginya curah hujan di Banjarnegara,” pungkas Arief.

Artikel ini dikutip dari gatra.com dengan judul “Hujan Ekstrem Picu 7 Longsor di Banjarnegara” Penulis Ridlo S Editor Hidayat A, link
https://www.gatra.com/rubrik/nasional/pemerintahan-daerah/381025-Hujan-Ekstrem-Picu-7-Longsor-di-Banjarnegara

BACA JUGA:  Rumah Warga Dibelakang Kantor Koramil Garung Terbakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.