INOVATIF, ANGGOTA BPBD BANJARNEGARA CIPTAKAN ALAT PENDETEKSI LONGSOR CANGGIH TAPI MURAH

BANJARNEGARA – Seorang anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara menciptakan alat sederhana pendeteksi longsor yanh diberi nama Early Warning System(EWS) atau Elwasi yang jika diartikan mengandung makna waspada dan siaga.

Dikutip dari inews.id, Anggota BPBD Banjarnegara Sudarsono menceritakan, alat ini dibuat dengan sistem sederhana dan komponen menggunakan solar panel, rotari dan sweet trigger. Peralatan itu kemudian ditarik menggunakan benang dan senar dan mampu memberikan sinyal saat terjadi pergerakan tanah dengan akurasi mencapai 80 persen.

“Alat ini sudah kami aplikasi ke masyarakat dan tempatkan di dua lokasi untuk mendeteksi pergerakan tanah, baik secara vertikal maupun horizontal,” ujarnya, Senin (7/1/2019).

Menariknya, nilai produksi alat ini jauh lebih murah dibanding peralatan impor sejenisnya dengan fungsi yang sama. Sudarsono menuturkan, hanya mengeluarkan modal Rp5 juta untuk pembuatan alat tersebut.

“Dengan adanya alat ini, kami ingin membuat warga juga aktif dan sadar bencana jika terjadi hal yang tak diinginkan. Jadi tak hanya menunggu dari pemerintah semata,” ujarnya.

Elwasi tersebut juga sudah diuji tahan akan hujan maupun panas. Alat buatan anak negeri ini dijual seharga Rp20 juta. Jauh di bawah alat impor dengan fungsi yang sama seharga Rp400 juta.

Sudarsono menambahkan, pemasangan alat ini mengantisipasi musim penghujan yang mulai berlangsung dan kewaspadaan terhadap bencana longsor. “Jika terjadi pergerakan tanah, maka akan memicu suara yang bisa dijadikan sebagai aba-aba atau tanda untuk bersiaga,” pungkasnya.

Artikel ini dikutip dari inews.id dengan judul “Anggota BOBD Banjarnegara Ciptakan Elwasi Alat Pendeteksi Longsor” Editor : Donald Karouw, link https://www.inews.id/daerah/jateng/anggota-bpbd-banjarnegara-ciptakan-elwasi-alat-pendeteksi-longsor/422109

BACA JUGA:  Gotong Royong bersih jalan yang terkenal longsor
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.