Imunisasi Rubella Sasar SD N 3 Jaraksari

WONOSOBOZONE – Program imunisasi Campak Rubella dari pemerintahan pusat mulai dilaksanakan serentak di seluruh Puskesmas Kabupaten Wonosobo. Demi menggerakkan program tersebut, seluruh puskesmas di Wonosobo mengunjungi SD, SMP, TK dan Paud di wilayah sekitar untuk memberikan imunisasi Rubella kepada seluruh siswa. Satu di antaranya adalah Puskesmas Wonosobo I. Puskesmas tersebut melaksanakan kunjungan ke sekolah-sekolah pada 1-31 Agustus dan bulan selanjutnya dikabarkan akan mengunjungi posyandu di wilayah Kecamatan Wonosobo. Salah satu upayanya terlihat ketika salah satu Bidan dari Puskesmas Wonosobo I memberikan imunisasi Rubella di SD Negeri 3 Jaraksari, Jum’at (4/8). “Kami menyiapkan jarum suntik sebanyak 186 buah untuk SD N 3 Jaraksari. Hal itu berdasarkan data yang kami terima dari SD tersebut, yakni sama dengan banyaknya jumlah siswa,” terang Yunida Noviani, Bidan Puskesmas I Wonosobo kepada wartawan usai menyuntik siswa.
Yunida juga menuturkan bahwa program imunisasi Rubella tersebut gratis tanpa dipungut biaya. Menurutnya, program tersebut bertujuan untuk memutuskan mata rantai virus Rubella yang jarang diketahui oleh masyarakat. Terkait program imunisasi Rubella, Yunida menyebut pihaknya akan memberikan imunisasi kepada anak dari usia 9 bulan sampai 15 tahun. Mengingat virus tersebut sangat menular dan kebanyakan menyerang anak diusia itu. “Sebenarnya Imunisasi bukan hal yang baru. Ini sudah ada sejak lama, biasanya dilakukan oleh dokter spesialis anak. Namun dengan adanya program ini masyarakat kecil juga terbebas dari virus Rubella,” terangnya. Yunida juga menjelaskan perihal bahaya virus Rubella bagi ibu hamil. Virus tersebut, papar Yunida, dapat tersebar melalui udara dan air liur kemudian tertular ke janin, dimana nantinya akan berdampak kelainan pada janin.
Upaya pencegahan Rubella yang dilakukan Puskesmas I Wonosobo disambut positif oleh Kepala SD N 3 Jaraksari, Sanjang Sabarana. Ia mengaku pihak sekolah tidak khawatir akan kehalalan vaksin tersebut. Mengingat MUI telah memberikan pernyataan mubah terkait vaksin Rubella. Sedangkan untuk para siswa yang tidak berangkat sekolah pada hari tersebut, Sanjang mengatakan pihaknya telah menghimibau kepada guru kelas untuk memberikan sosialisasi lebih lanjut. “Bagi siswa yang tidak masuk sekolah akan kami berikan surat keterangan dan rekomendasi untuk datang ke Puskesmas I Wonosobo agar diimunisasi disana. Itu berdasarkan arahan dari pihak Puskesmas. Misal siswa masih belum sempat kesana, pihak Puskesmas juga akan melakukan sweeping ke tiap sekolah kembali untuk memberikan imunisasi kepada siswa yang belum mendapatkannya,” pungkas Kepsek
BACA JUGA:  Tewas Saat Hendak Menolong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.