IMIGRASI WONOSOBO RENCANAKAN BENTUK TIM PENGAWAS ORANG ASING DISETIAP KECAMATAN .

Wonosobo – Tugas dan fungsi Imigrasi Wonosobo selain penerbitan paspor bagi WNI, juga melaksanakan pengawasan terhadap warga negara asing yang tinggal di wilayah kerja Imigrasi Wonosobo.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Wonosobo M Iqbal Ma’ruf menjelaskan, bahwa keberadaan orang asing yg berada di wilayah kerjanya menjadi tanggungjawab imigrasi Wonosobo dalam hal pengawasan baik itu yg telah memiliki ijin tinggal maupun tidak.

Oleh karena itu, dalam Kalender Kerja 2019, Imigrasi Wonosobo berencana melakukan kegiatan berupa pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing. Tim tersebut akan ditempatkan di setiap kecamatan di seluruh wilayah kerja Imigrasi Wonosobo. yg meliputi Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung , Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang

Iqbal juga menjelaskan, bahwa selama ini Imigrasi Wonosobo hanya mengadakan kegiatan atau rapat Tim Pengawas Orang Asing di tiap kabupaten, sehingga kegiatan itu dirasa kurang efektif mengingat mayoritas letak geografis yang ada diwilayah kerja Imigrasi Wonosobo Berupa Perbukitan atau darat Tinggi.

“Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah inovasi dengan membentuk Tim Pengawas Orang Asing di tiap Kecamatan. Yang nantinya terdiri dari Petugas Imigrasi, Pihak Kepolisian, TNI, Pemda dan beberapa instansi terkait lainnya. Dimana kedepannya dapat memantau kegiatan maupun keberadaan orang asing untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sesuai dengan Undang-Undang Keimigrasian,” tutup Iqbal.

BACA JUGA:  Terkesan Sikunir, Slank Ingin Gelar Konser Eksklusif Di Sembungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.