HUT TNI Ke 71, Liong Hibur Warga di Alun Alun Wonosobo

WONOSOBOZONE – Warga Wonosobo yang tengah menikmati suasana pagi di alun-alun, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun TNI ke-71, Rabu 5 Oktober 2016 mendapat kejutan menyenangkan berupa beberapa hiburan lokal. Salah satu hiburan yang cukup banyak menarik perhatian warga adalah liong sasana Sakti dari Desa Sendangsari, Garung. Grup Liong Sasana Sakti yang pentas di depan Markas Kodim 0707 memang tampil pertama, di saat kebanyakan warga tengah menikmati istirahat setelah berolahraga di kawasan alun-alun. “Nggak menyangka pagi-pagi begini sudah ada pentas kesenian barongsai, pas buat menghibur anak saya yang belum pernah melihat,” cetus Wawan (39), bapak 2 anak asal Selomerto yang mengaku sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Surabaya, dan tengah pulang kampung menikmati liburan bersama anak dan istrinya. Hiburan lokal, menurut Wawan memang selayaknya lebih sering dipentaskan agar warga masyarakat Wonosobo tak lupa dengan kekayaan tradisi dan budaya luhur warisan nenek moyang.

Pendapat hampir sama juga diungkapkan para beberapa siswa sekolah dasar yang pada saat bersamaan tengah diajak berolahraga di alun-alun oleh gurunya. “Senang karena bisa melihat dari dekat liongnya, tapi tadi takut juga melihat liongnya berdiri dan hampir menabrak,” ungkap Anita (9), siswi salah satu SD swasta yang bersama teman-temannya menonton liong di sela pelajaran olahraga. Pentas liong, menurut Anita dan teman-temannya cukup jarang terlihat di alun-alun, karena itu begitu digelar, ia tak ingin menyiakan waktu untuk menonton. Saat diberi penjelasan bahwa pagelaran seni liong merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI ke-71, Anita dan teman-temannya lantas menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk para benteng Negara, dan berharap kelak ia bisa mengikuti jejak mereka.

Upaya menghibur warga masyarakat Kota Wonosobo dengan gelar pentas seni lokal di alun-alun Kota, menurut petugas penerangan Kodim 0707, Ahmad Ridho memang menjadi bagian dari keinginan TNI untuk selalu dekat dengan rakyat. “Amanat dari pimpinan, semua kegiatan dalam rangka peringatan HUT TNI ke-71 harus melibatkan warga masyarakat, agar lebih mendekatkan Kodim dengan seluruh elemen,” terang Ridho di sela memantau persiapan 2 jenis kesenian lain, yaitu Tari Topeng dan Kuda Kepang. Selain Liong, Kodim 0707 dikatakan Ridho juga mengundang kesenian lokal kuda kepang dan tari topeng, yang pentas di paseban barat dan paseban timur alun-alun Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here