HUT LVRI Ke 56, Gelorakan Revolusi Mental

WONOSOBOZONE – Peringatan HUT LVRI ke 56 bertempat di rumah makan wonoboga dengan tema yang diusung adalah “gelorakan gerakan revolusi mental untuk meningkatkan kesadaran bernegara dan bela negara” pada tanggal 14 Januari. Yang dihadiri Bupati Wonosobo, Kasdim 0707 Mayor Inf Jaka Susila, kepala Minvetcadam IV-12 Wonosobo, Ketua PPM Ir. Agus Subagyo MSi, dan seluruh anggota LVRI cabang Wonosobo.
Ketua panitia Turni W menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga bisa terselenggaranya kegiatan HUT LVRI ini dengan aman dan lancar.  Anggota LVRI berasal dari tiga kelompok yaitu para pejuang Kemerdekaan Rebublik Indonesia (PKRI),  pejuang pembela kemedekaan dan  pejuang perdamaian dunia. Saat ini di kabupaten Wonosobo berjumlah 130 orang.
Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI adalah organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Menurut Undang-Undang No. 15 Tahun 2012, negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mereka yang tergabung aktif dalam penugasan dibawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam Undang-undang disebutkan bahwa Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela Kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia menghadapi negara lain yang timbul pada masa yang akan datang, dan juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk mempertahankan Republik Indonesia, ikut aktif dalam perjuangan pembebasan Irian Barat melakukan Trikora sejak 10 Desember 1961 sampai dengan 1 Mei 1963, dan yang ikut melakukan tugas Dwikora langsung secara aktif dalam operasi-operasi/pertempuran dalam kesatuan-kesatuan bersenjata serta mereka yang ikut aktif dalam perjuangan Seroja dalam kurun waktu tgl. 21 Mei 1975 sampai dengan 17 Juli 1976.
Kasdim Wonosobo Mayor inf Jaka Susila dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada para veteran karena berkat jasa para veteran tersebut saat ini kita semua bisa menikmati masa kemerdekaan.  Para veteran merupakan senior bagi TNI, dan juga sebagai guru dengan ini mengucapkan selamat ulang tahun.  Dengan perayaan ini walau sudah tidak muda lagi akan tetapi masih bisa berkarya untuk bangsa dan Negara.
Bupati Wonosobo Ir Satrio Hidayat menyampaikan ucapan terima kasih kepada para veteran yang saat ini sedang berulang tahun, berkat pengabdiannya kita semua menikmati rasa kemerdekaan ini.  Negara dirasa perlu untuk memberi Kegiatan peringatan ulang tahun jangan hanya sebagai tempat untuk bernostalgia akan tetapi sebagai tempat untuk mengabdi kepada Negara dan bangsa.  Karena saat ini bangsa Indonesia dalam situasi yang kurang baik yaitu adanya proxywar.  Seperti  Indonesia darurat terhadap narkoba, idiologi dan lain sebagainya.  Untuk itu diharapkan para veteran masih ditunggu sumbangsih pemikirannya agar program Indonesia emas bisa tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here